Polres bentuk Forum Komunikasi Korban Kecelakaan Lalulintas

id laka, lakalantas

Polres bentuk Forum Komunikasi Korban Kecelakaan Lalulintas

Pembentukan Forum Komunikasi Lakalantas (Antarasumsel.com/Edo/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan membentuk Forum Komunikasi Korban Kecelakaan Lalulintas yang bertugas mengkampanyekan keselamatan berlalu lintas dan memberikan empati kepada korban kecelakaan.

Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Leo Andi Gunawan, di Baturaja, Sabtu mengatakan, Forum Komunikasi Korban Kecelakaan Lalulintas sangat penting mengingat kecelakaan dapat terjadi sewaktu-waktu di jalan dengan korban meninggal, luka ringan, maupun berat dan kerugian material. "Kecelakaan lalulintas juga menjadi salah satu penyebab kemiskinan," kata Kapolres AKBP Leo Andi Gunawan.

Pada pembentukan forum tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen peduli kecelakaan lalulintas yang melibatkan kepolisian, PT Jasa Raharja, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, komunitas otomotif, serta masyarakat.

Kapolres menjelaskan, korban kecelakaan sangat membutuhkan bantuan dari sesama dalam melanjutkan hidup dengan trauma dan kecacatan yang dialami.

Bantuan dapat berupa penguatan mental, spirit, permodalan dan terbukanya akses. "Forum ini juga menjadi sarana tukar informasi pada masyarakat untuk tidak konyol di jalan, di jalan harus mengutamakan keselamatan untuk diri sendiri dan orang lain," ucap Kapolres.

Ia menuturkan, selama 2016 terjadi sebanyak 74 kecelakaan di wilayah OKU dengan 36 orang meninggal dunia.

Kecelakaan itu lanjut Kapolres, terjadi akibat beberapa faktor, antara lain ketidakhati-hatian pengguna jalan, padatnya volume jalan dan kondisi cuaca.

Oleh karena itu perlu perhatian semua pihak untuk mencegah dan menekan kecelakaan. "Kepada petugas untuk segera menolong korban kecelakaan dan melaporkan ke Jasa Raharja agar segera mendapat asuransi," katanya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres OKU, AKP Chandra Kirana mengatakan, forum ini sebagai wadah komunikasi masyarakat yang menjadi korban kecelakaan lalulintas. Selama ini kepedulian dari masyarakat pada korban kecelakaan lalulintas masih kecil.

"Eksistensi forum sangat diperlukan melalui pesan-pesan keselamatan berlalulintas dan empati pada korban," katanya.

Sedangkan Alfian salah satu anggota Forum mengaku, sangat terbantu dengan adanya komunitas tersebut.

Menurutnya, mereka sebagai korban kecelakaan dapat berbagi pengalaman dan membantu korban kecelakaan yang guna mendapatkan pelayanan maksimal.