Kamis, 21 September 2017

Petani Mukomuko dapat bantuan benih jagung

id petani, jagung, benih, bantuan, kelompok tani, tanaman
Petani Mukomuko dapat bantuan benih jagung
Ilustrasi- Petani memanen jagung . (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol)
Mukomuko (Antarasumsel.com) - Kelompok tani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada tahun ini kembali mendapatkan bantuan benih jagung dari dari pemerintah pusat.

"Bantuan benih jagung untuk lahan seluas 3.500 hektare di daerah ini," kata Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Hari Mastaman, di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, jumlah bantuan benih jagung pada tahun ini lebih banyak dibandingkan bantuan tahun sebelumnya untuk lahan seluas 2.250 hektare.

Sedangkan, sebutnya, jumlah bantuan benih yang diterima oleh kelompok tani tersebut masih sama seperti tahun sebelumnya, yakni sebanyak 15 kilogram benih jagung per hektare.

Sementara kelompok tani yang menerima bantuan ini, ia mengatakan, belum ditetapkan. Instansi itu masih mencari calon penerima dan calon lokasi untuk ditanami benih jagung tersebut.

Sedangkan, lanjutnya, pembagian bantuan benih jagung pada tahun ini, katanya, seperti tahun sebelumnya pada saat kegiatan pengeringan air irigas yang diatas bulan Agustus.

Karena, katanya, pada saat pengeringan air irigasi sayap kanan dan irigasi sayap kiri sebagain lahan disiapkan untuk tanaman palawija, termasuk tanaman jagung.

Namun, katanya, lahan pertanian tanaman pangan yang diberikan bantuan benih jagung tahun ini tidak hanya di daerah irigasi sayap kanan saja, termasuk irigasi di Kecamatan Malin Deman.

Ia menerangkan, sebagian lahan tanaman jagung di daerah itu merupakan areal persawahan selesai panen raya, dan belum mendapatkan pengairan karena sedang berjalan kegiatan pengeringan air irigasi.

"Ada juga sawah tadah hujan dan lahan kosong milik petani yang khusus untuk tanaman jagung," ujarnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga