Menteri PDT: ADD tahun depan mengalami peningkatan

id Eko Putro Sandjojo, Anggaran Dana Desa, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, apbn

Menteri PDT: ADD tahun depan mengalami peningkatan

Eko Putro Sandjojo (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Sigi, Sulawesi Tengah (Antarasumsel.com) - Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo menyatakan bahwa Anggaran Dana Desa (ADD) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2018 mengalami kenaikan.

"Tahun depan anggaran dana desa akan mengalami kenaikan, hal itu sesuai dengan keinginan Presiden RI Joko Widodo untuk memaksimalkan pembangunan dari sektor pedesaan," ungkap Eko Sandjojo di Sigi, Sabtu.

Menteri menyebutkan anggaran dana desa dari APBN tahun 2018 nanti kurang lebih sekitar Rp120 triliun yang akan diberikan kepada seluruh desa di semua kabupaten di Indonesia.

Karena itu, urai Menteri, setiap desa di masing-masing daerah kabupaten dan kota di Indonesia dengan alokasi dana tersebut menerima sekitar Rp1,6 miliar sampai dengan Rp1,8 miliar yang digunakan untuk pembangunan desa.

"Kedepan setiap desa menerima anggaran dana desa dari pemerintah pusat yang dibiayai lewat APBN kurang lebih Rp1,6 miliar sampai Rp1,8 miliar untuk pembangunan dan pengembangan ekonomi desa," sebut Menteri.

Menteri Eko Sandjojo menegaskan dengan dana tersebut setiap desa atau pengguna dan pengelola anggaran meliputi kepala desa, Badan Pembangunan Desa (BPD) dan aparatur desa secara umum harus mengacu pada aturan pelaksanaan penggunaan anggaran.

Bahkan, kata Eko, desa harus memiliki rencana penggunaan anggaran dan kegiatan yang jelas, mengakomodir semua aspirasi masyarakat terkait pembangunan desa, serta menyosialisasikan kegiatan penggunaan anggaran kepada masyarakat.

"Pelaksanaan penggunaan anggaran dana desa harus sesuai aturan, disertai dengan adanya rencana pembangunan, mengakomodir aspirasi masyarakat serta menyosialisasikan kegiatan anggaran," tegasnya.