IHSG Senin dibuka menguat 15,67 poin

id ihsg, Indeks harga saham gabungan, Bursa Efek Indonesia, IHSG BEI, pertumbuhan produk domestik bruto, faktor pendorong IHSG, menguatnya IHSG

IHSG Senin dibuka menguat 15,67 poin

Seorang karyawan mengamati pergerakan angka Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, dibuka menguat sebesar 15,67 poin seiring dengan harapan kinerja emiten di dalam negeri.

IHSG BEI dibuka naik 15,67 poin atau 0,29 persen menjadi 5.366,60 poin. Sementara itu kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak menguat 2,88 poin (0,32 persen) menjadi 890,28 poin.

"Ekspektasi pelaku pasar terhadap rilis beberapa kinerja emiten ke depannya yang akan positif menjadi salah satu faktor yang menopang IHSG," kata Analis binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Senin.

Ia menambahkan bahwa respon positif pelaku pasar terhadap data ekonomi domestik seperti turunnya defisit neraca berjalan Indonesia serta pernyataan Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mengumumkan sektor konstruksi mengalami pertumbuhan turut menjaga IHSG.

Dari eksternal, lanjut dia, mayoritas bursa saham di kawasan Asia yang bergerak positif juga turut menjaga optimisme pelaku pasar di dalam negeri untuk kembali melakukan akumulasi saham.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Surya Wijaya menambahkan bahwa sentimen domestik yang relatif cukup positif akan menjaga laju IHSG dalam jangka panjang, investor asing yang dalam beberapa hari terakhir ini cenderung keluar juga berpotensi akan kembali masuk ke pasar domestik.

"Dengan kondisi yang optimis maka momentum akumulasi swcara bertahap dapat dilakukan investor,"katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 154,27 poin (0,64 persen) ke level 24.188,01, indeks Nikkei turun 43,66 poin (0,23 persen) ke level 19.190,96, dan Straits Times melemah 4,60 poin (0,14 persen) posisi 3.103,74.