Bangka Tengah sediakan bibit lada unggul

id lada, bibit unggul, petani, bangka tengah

Bangka Tengah sediakan bibit lada unggul

Ilustrasi- Tanaman lada (ANTARA)

Koba (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyediakan bibit lada unggul untuk para petani di daerah itu, dalam upaya meningkatkan produksi.

"Kami bangun kebun pembibitan, ini dalam rangka menyediakan bibit lada unggul untuk para petani lada di daerah ini," kata Plt Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Stevanus Widodo di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, sesuai dengan arahan bupati meminta menyediakan satu juta bibit lada untuk para petani maka pihaknya akan merealisasikan itu.

"Saat ini kami sudah membangun kebun pembibitan terpadu di Kecamatan Namang, lahan seluas sekitar 20 hektare tersebut sebagian kami manfaatkan untuk pembibitan lada," ujarnya.

Ia mengatakan, kualitas lada Bangka sebenarnya cukup bagus karena didukung oleh kondisi tanah yang memungkinkan namun kualitas tersebut menjadi rendah karena para petani salah memilih bibit.

"Justeru itu, pemerintah daerah membangun kebun pembibitan lada dengan harapan dapat meningkatkan kualitas lada di daerah ini yang pada akhirnya dapat mendongkrak harga jual," ujarnya.

Selain bibit lada pihaknya juga membangun kebun pembibitan biji karet unggul untuk mendorong petani karet menanam karet berkualitas unggul.

"Karet dan lada merupakan komoditas unggulan masyarakat di daerah ini, maka pemerintah daerah terus mendorong agar kualitas karet dan lada lebih baik," ujarnya.