Kemenag Optimis kuota haji 221 ribu terserap

id haji, kuota haji

Kemenag Optimis kuota haji 221 ribu terserap

Jamaah haji (ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel) - Kementerian Agama (Kemenag) optimistis kuota haji sebanyak 221 ribu dapat terserap seluruhnya, sehinggaeluruh persiapan penyelenggaraan untuk musim haji 2017 ini harus dipersiapkannya dengan baik meski Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) belum ditetapkan pemerintah.

Penetapan BPIH hingga kini masih terus berproses di DPR  dan diharapkan secepatnya dapat diumumkan sehingga anggota jemaah haji di seluruh Tanah Air dapat melunasi pembayaran melalui bank penerima setoran,kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ahada Barori di Jakarta, Selasa.

"Pembahasan BPIH hingga kini masih berproses, masih dibahas di komisi VIII,"  kata Ahada Barori.

Ia menyebutkan, kuota haji pada musim haji 2017 kembali ke kuota normal sebesar 211 ribu. Besaran kuota itu sudah pasti, terutama karena "hitam putihnya" sudah ada.

Tetapi tambahan kuota 10.000 sebagaimana diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada medio Januari lalu belum tertuang dalam nota kesepahaman. Artinya belum ada bukti resmi atau "hitam putihnya".

Meski demikian, pemerintah optimistis tambahan itu dapat diwujudkan Arab Saudi.

    
Distribusi kuota
Karena itu, pembagian kuota ke sejumlah provinsi kini sudah dapat didistribusikan. Berapa besarnya tiap daerah mendapat tambahan kuota tersebut, Ahda tak mau menyebutkannya.

Yang jelas kini tiap provinsi sudah dipastikan mendapat tambahan kuota haji secara proporsional sesuai dengan jumlah penduduk muslim di daerah bersangkutan.

Mengingat kuota haji kini bertambah dan beban pekerjaan melayani anggota jemaah haji berbeda dari tahun sebelumnya, maka pekerjaan pelayanan haji tidak harus menunggu BPIH "diketuk palu" atau disetujui terdahulu di gedung DPR.

Apa yang bisa dilakukan untuk persiapan penyelenggaraan haji 2017, menurut Ahda, adalah pengurusan dokumen anggota jemaah haji.

Kini seluruh provinsi, dengan dukungan petugas imigrasi, kini masih menyelesaikan pengurusan paspor haji. Setelh itu proses pengurusa visa haji harus dilakukan secepatnya, katanya.

Ada yang menggembirakan, pagu anggaran untuk pondokan di Mekkah, Madinah, transportasi. Termasuk pelayanan di Arafah, Musdalifah dan Mina (Armina) sudah disetujui Dewan. Berapa besaran biaya tersebut, lagi-lagi Ahada tak mau menyebutkannya.

Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), lanjut dia, pada penyelenggaraan haji 2017 harus memperhatikan poin-poin e-hajj. Seperti akomodasi, katering, transportasi di Mekkah dan Madinah. Juga layanan di Armina.

Juga anggota jemaah haji tiap kelompok terbang (kloter). Jumlah anggota jemaah haji setiap kloter bervariasi, bisa kloter bisa berisi 393 anggota (1:393), 1 : 450, 1 : 455, atau yang terkecil satu kloter terdiri 360 jemaah haji.

Tiap kloter didampingi lima yang , terdiri tim pembimbing haji Indonesia (TPHI) yang juga merupakan ketua kloter,   tim pembimbing ibadah haji Indonesia (TPIHI), tim kesehatan haji Indonesia (TKHI) dua paramedis per kloter.

Sesuai dengan kuota yang dimiliki Indonesia, jemaah haji Indonesia pada musim haji tahun ini akan terdiri 504 kloter. Pada tahun lalu 384 kloter, dengan 204 ribu anggota jemaah haji setelah dikurangi jemaah haji khusus. Tahun lalu jemaah haji reguler Indonesia 155.200 orang.  Jumlah petugas pada tahun ini diperkirakan mencapai 2.520 petugas kloter. Belum termasuk petugas nonkloter yang bisa mencapai 838 orang.

Petugas nonkloter tersebut terdiri atas petugas pelayanan umum, pelayanan ibadah, perlindungan jemaah sebanyak 530 orang. Tenaga kesehatan sebanyak 308 orang.