Sekda: WTP akan dinilai melalui penataan arsip

id joko, sekda pemprov sumsel

Sekda: WTP akan dinilai melalui penataan arsip

Joko Imam Sentosa (Antarasumsel.com/Feny Selly/Ang/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel Joko Imam Sentosa mengatakan, penghargaan predikat wajar tanpa pengecualian suatu daerah akan dinilai salah satunya melalui penataan arsip.

Jadi bila arsipnya kurang tertata dengan baik maka tidak mungkin untuk mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP), kata Sekda usai melaksanakan sosialisasi pengawasan program arsip dalam jajaran Pemerintah Provinsi Sumsel di Palembang, Rabu.

Menurut dia, melalui arsip dapat dilihat pelaksanaan dan prosedur program yang benar dalam suatu instansi termasuk pemerintah kabupaten dan kota.

Bukan itu saja, tetapi melalui arsip dapat dilihat kualitas kerja dalam suatu instansi, serta kondisi dan penggunaan keuangan dalam pelaksanan pembangunan.

Jadi betapa pentingnya arsip sehingga setiap instansi harus memperhatikan tata kelola menyimpan surat berharga tersebut, ujar dia.

Oleh karena itu dalam mendapatkan predikat WTP salah satunya akan dilihat dalam penataan arsip, kata dia.

Dia mengatakan, melalui sosialisasi ini diharapkan pemerintah kabupaten dan kota harus memaksimalkan fungsi arsip.

Selain itu juga sumber daya manusia di bidang kearsipan harus ditingkatkan supaya penataan arsip akan semakin baik sekaligus dapat menambah dan mempertahankan predikat WTP.

Ia menambahkan, tenaga arsip yang profesional di daerah ini masih minim hanya 24 orang, sehingga perlu ditambah.