Lapas anak Palembang sediakan sekolah filial SD-SMA

id lembaga pemasyarakatan anak, lembaga pembinaan khusus anak, lpka, sekolah filial, kelas jauh

Lapas anak Palembang sediakan sekolah filial SD-SMA

Kegiatan siswa sekolah filial Lapas Anak Palembang. (Foto Antarasumsel.com)

...Sesuai dengan undang undang, pendidikan menjadi hak semua warga negara termasuk anak binaan, berdasarkan ketentuan itu sejak Agustus 2014 dibentuk sekolah filial...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Lembaga pemasyarakatan anak yang kini berubah menjadi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Pakjo Palembang, Sumatera Selatan menyediakan sekolah filial atau kelas jauh mulai dari tingkat SD hingga SMA.

"Sesuai dengan undang undang, pendidikan menjadi hak semua warga negara termasuk anak binaan, berdasarkan ketentuan itu sejak Agustus 2014 dibentuk sekolah filial yang menginduk dengan sekolah negeri terdekat," kata Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palembang Endang Lintang, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pihaknya berupaya melakukan kegiatan pembinaan dengan sebaik-baiknya dan memberikan kesempatan kepada anak binaan melanjutkan pendidikannya walaupun dalam menjalani pembinaan karena terbukti melakukan tindak pidana.

Dengan adanya sekolah filial bisa memfasilitasi narapidana anak yang menjalani masa hukuman atau pembinaan di LPKA tetap dapat melanjutkan pendidikannya atau tidak putus sekolah.

Keberadaan sekolah filial tersebut tidak hanya mencegah anak-anak yang menjadi warga binaan putus sekolah, tetapi juga memberikan dampak positif meminimalkan jumlah anak yang masuk kembali ke LPKA atau menjadi residivis anak, katanya.

Menurut dia, Ditjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM menjadikan sekolah filial atau kelas jauh yang diterapkan di LPKA Pakjo Palembang, sebagai percontohan nasional.

Prestasi yang dicapai tersebut mendorong pihaknya untuk berbuat lebih baik lagi dengan berupaya melakukan pengembangan kegiatan pembinaan dan pendidikan baik secara formal melalui sekolah filial maupun informal agar anak-anak yang menjalani masa hukumannya tidak merasa di penjara.

Untuk meningkatkan kualitas sekolah filial di LPKA Palembang yang kini dihuni 165 anak binaan dilakukan kerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Palembang serta Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel.

Sekolah filial yang dibentuk di LPKA Palembang ini untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) menginduk di SD Negeri 25, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menginduk di SMP Negeri 22, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) menginduk di SMA Negeri 11 Palembang.

Kegiatan belajar sekolah filial tersebut seperti yang dilakukan di sekolah pada umumnya yakni mulai Senin-Sabtu

dengan dukungan guru atau tenaga pengajar 61 orang, serta fasilitas pendukung seperti delapan ruang kelas untuk belajar dan praktik komputer, kata dia pula.