Penghuni lembaga pembinaan khusus anak Palembang menurun

id lembaga pembinaan khusus anak, lapas anak, penghuni lpka menurun, penghuni lapas anak menurun, anak pidana

Penghuni lembaga pembinaan khusus anak Palembang menurun

Ilustrasi - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise (kiri) saat berinteraksi dengan sejumlah Anak Didik Lapas (Andikpas) Lapas Anak Palembang, Kamis (25/8). (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den)

...Hingga Februari 2017 ini penghuni lembaga pembinaan ini tercatat 165 anak binaan sedangkan tahun sebelumnya tercatat 200 anak binaan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Jumlah penghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Pakjo Palembang, Sumatera Selatan pada 2017 sedikit menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Hingga Februari 2017 ini penghuni lembaga pembinaan ini tercatat 165 anak binaan sedangkan tahun sebelumnya tercatat 200 anak binaan," kata Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palembang Endang Lintang, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, penurunan jumlah penghuni LPKA ini membuktikan, program pembinaan terhadap anak binaan membuahkan hasil, karena pada tahun-tahun sebelumnya sering terdapat anak binaan yang telah selesai menjalani masa hukumannya kembali masuk ke lembaga ini (residivis).

Untuk meminimalkan jumlah penghuni lembaga ini, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas program pembinaan dan sekolah filial atau kelas jauh yang dibentuk sejak Agustus 2014, katanya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan ketentuan Undang Undang pendidikan menjadi hak semua warga negara termasuk anak binaan yang terbukti melakukan tindak pidana dan menjalani proses hukumannya sesuai dengan tingkat kesalahannya.

Berdasarkan ketentuan itu, pihaknya berupaya melakukan kegiatan pembinaan dengan sebaik-baiknya dan memberikan kesempatan kepada anak binaan melanjutkan pendidikannya di lingkungan LPKA dengan menyediakan sekolah filial yang menginduk dengan sekolah negeri terdekat.

Sekolah filial atau kelas jauh yang diterapkan di lembaga pemasyarakatan anak yang kini berubah menjadi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas 1 Pakjo Palembang, mulai dari tingkat SD hingga SMA.

Sekolah kelas jauh yang dibentuk di LPKA Palembang ini untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) menginduk di SD Negeri 25, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menginduk di SMP Negeri 22, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) menginduk di SMA Negeri 11 Palembang.

Kegiatan belajar sekolah filial tersebut seperti yang dilakukan di sekolah pada umumnya yakni mulai Senin-Sabtu dengan dukungan guru atau tenaga pengajar 61 orang, serta fasilitas pendukung seperti delapan ruang kelas untuk belajar dan praktik komputer, kata Endang.