Komunitas tanah ombak Padang luncurkan vespa pustaka

id Komunitas Tanah Ombak, program pustaka bergerak, Vespa Pustaka

Komunitas tanah ombak Padang luncurkan vespa pustaka

Ilustrasi (Ist)

Padang (Antarasumsel.com) - Komunitas Tanah Ombak Padang, Sumatera Barat meluncurkan program pustaka bergerak dengan nama Vespa Pustaka di kawasan Purus yang akan berkeliling menemui para pembaca.

Pemimpin sekaligus Pembina Tanah Ombak Yusrizal KW, di Padang, Kamis (23/2) malam, mengatakan program ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

"Keunikan dari Vespa Pustaka ini adalah berupa perpustakaan bergerak yang mencari para pembaca dengan mengendarai vespa," katanya lagi.

Ia menyatakan dengan adanya Vespa Pustaka ini diharapkan dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk membaca, dengan berkeliling ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, terutama oleh anak-anak.

Vespa Pustaka akan mulai bergerak pada Minggu (26/2), dan untuk pertama kali akan menuju Pantai Padang.

Dalam perencanaan Vespa Pustaka ini akan beroperasi pada hari Sabtu-Minggu, tergantung relawan yang akan menjalankannya.

"Nantinya juga akan menyusul sepeda pustaka dan juga book ransel dengan membawa beragam jenis buku dengan target pembaca anak-anak dan remaja," kata dia pula.

Dia menambahkan, dalam menjalankan Vespa Pustaka itu selanjutnya akan menggunakan tagline "Kutemui Kamu Sampai Membaca", mengingat sejatinya memang vespa ini yang akan mencari para pembaca, bukan pembaca yang mencari perpustakaan.

Duta Baca Indonesia Najwa Shihab mengatakan selain di Sumbar, pada wilayah lain juga ada beberapa program pustaka bergerak untuk menjangkau daerah-daerah pelosok.

"Di Papua ada Noken Pustaka, di Poliwali Mandar ada Perahu Pustaka yang digagas Ridwan, Nirwan Arsuka dengan pustaka bergeraknya serta yang baru diluncurkan ini, Vespa Pustaka, semoga ke depannya bisa membangkitkan minat baca masyarakat," katanya lagi.