Pesawat perintis terbagi tiga rute di Bengkulu

id pesawat perintis, jadwal terbang, Maskapai perintis, Susi Air, rute wilayah, Provinsi Bengkulu, Bengkulu-Pulau Enggano, Bengkulu-Mukomuko, Mukomuko-Pa

Pesawat perintis terbagi tiga rute di Bengkulu

Ilustrasi- Pesawat perintis (ANTARA FOTO)

Bengkulu (Antarasumsel.com) - Maskapai perintis Susi Air akan menerbangi tiga rute di wilayah Provinsi Bengkulu, yakni Bengkulu-Pulau Enggano, Bengkulu-Mukomuko dan Mukomuko-Padang, Sumatera Barat mulai 15 Maret 2017
"Penerbangan pesawat perintis akan dimulai pertengahan Maret tahun ini dengan tiga rute dan jadwal yang bertambah," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Fatmawati Bengkulu, Sarosa di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan jadwal penerbangan yang bertambah adalah untuk rute Kota Bengkulu-Pulau Enggano, dari dua kali per minggu menjadi tiga kali.

Sedangkan untuk rute Bengkulu-Mukomuko dua kali seminggu dan rute Mukomuko-Padang sekali seminggu.

Penambahan jadwal terbang ke Pulau Enggano yang merupakan pulau terluar yang masuk wilayah Bengkulu, menurutnya, sesuai dengan permintaan masyarakat.

"Transportasi udara membuka konektivitas ke pulau terluar yang selama ini hanya bisa dijangkau lewat laut," ucapnya.

Selain sebagai sarana transportasi masyarakat yang bermukim di pulau terluar itu, penerbangan yang dilayani pesawat perintis tersebut juga untuk mendukung sektor pariwisata.

Lebih jauh, sarana transportasi udara juga menjadi bagian dari upaya mitigasi yakni sarana evakuasi bila terjadi gempa bumi atau tsunami di wilayah itu.

Hal serupa juga berlaku untuk wilayah Mukomuko yang berjarak 270 kilometer dari Kota Bengkulu.

Penerbangan perintis diharapkan menjadi pilihan transportasi lain bagi warga masyarakat yang harus menghabiskan tujuh jam bila berkendara lewat jalur darat.