Minggu, 30 April 2017

Timnas Renang digenjot latihan sebelum ke Singapura

id renang, SEA Games 2017, persiapan, latihan, atlet, pertandingan kualifikasi
Timnas Renang digenjot latihan sebelum ke Singapura
Ilustrasi Latihan renang. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol)
Jakarta (Antarasumsel.com) - Tim nasional renang Indonesia yang dipersiapkan untuk SEA Games 2017 digenjot latihan di kolam renang Tirta Arum, Bali, sebelum atlet yang selama ini menghuni pelatnas itu turun pada pertandingan kualifikasi di Singapura, 10-12 Maret 2017.

Berdasarkan data yang diterima media dari PB PRSI di Jakarta, Sabtu, ada 17 atlet pelatnas yang digembleng latihan di bawah pengawasan pelatih asal Prancis, David Armandoni. Pada pemusatan latihan ini juga dikawal pelatih lokal seperti Albert dan Felix Sutanto, Hartadi hingga Nijarudin.

Selama di Bali, Reza Kania Dewi fokus berlatih time trial yang salah satu fungsinya untuk mengukur kemampuan atlet yang sudah menjalani pemusatan latihan selama enam pekan terakhir. Selain untuk mengukur kemampuan juga untuk mengetahui level para perenang.

"Kami ingin melihat level perenang. Singapura nanti mereka harus cepat dan meraih catatan waktu terbaik karena kejuaraan nanti juga merupakan kualifikasi SEA Games 2018," kata pelatih timnas David Armandoni dalam keterangan tertulisnya.
Sementara itu pelatih Hartadi Nurtoyo, menjelaskan, kesiapan mental perenang Indonesia perlu dimatangkan mengingat sejak akhir tahun lalu, mereka belum mengikuti kejuaraan.
"Time Trial ini tidak ada yang spesifik. Cuma menghadapi try out ke SIngapura, kami ingin melihat situasi bertanding anak-anak supaya mereka terlatih kembali di kejuaraan resmi," katanya.

Selama mengikuti pelatihan di Bali, kata dia, beberapa atlet renang mengalami kemajuan seperti Reza Kania Dewi yang membukukan catatan waktu 22,20 detik atau hanya terpaut satu detik dari rekor nasional yang ditorehkan Kania.

"Kalau kemajuan kita lihat dari waktu bertanding tentu tidak bisa, karena mereka saat ini dalam porsi latihan berat. Kita cuma mau tahu kesiapan mental, evaluasi hasil latihan selama ini bagaimana, apa yang masih kurang dan apa yang harus diperbaiki," kata Hartadi menambahkan.

Mulai meningkatnya kemampuan atlet renang penghuni pelatnas juga diapresiasi oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dalam hal ini Lukman Niode. Pihaknya optimistis atlet Indonesia bakal bisa bersaing di SEA Games 2017 Malaysia.

"Mereka saat ini dalam tahap latihan berat, tapi sudah mendekati waktu terbaik mereka. Jadi pasti di Singapura nanti bisa dapat catatan terbaik mereka," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga