Pemkab optimistis beternak sapi dapat tingkatkan perekonomian

id sapi, peternakan, perekonomian masyarakat, bangka tengah, bangka belitung

Pemkab optimistis beternak sapi dapat tingkatkan perekonomian

Ilustrasi peternakan sapi. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/Den)

Koba (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung optimistis beternak sapi dapat meningkatkan perekonomian warga jika ditekuni dan dikelola dengan profesional.

"Beternak sapi punya prospek ekonomi cukup bagus, kuncinya adalah yakin dan tekun," ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Edi Romdhoni di Koba, Minggu.

Ia mencontohkan di Desa Romodon Kecamatan Sungaiselan yang saat ini sudah bisa dikatakan menjadi desa sentra sapi karena peternakan sapi berbentuk kelompok di daerah itu sudah berjalan cukup baik.

"Bahkan kami mencatat ada belasan warga ekonominya mulai membaik dan itu seratus persen bersumber dari usaha peternakan sapi. Artinya prosfpek ekonomi beternak sapi cukup bagus kalau ditekuni dengan baik," ujarnya.

Ia mengatakan, peternak sapi yang tergabung dalam kelompok di Desa Romodon sudah berkembang dengan baik dalam beberapa tahun ini dan bahkan populasi sapi mereka semakin banyak.

"Tentu kami mendorong desa lainnya di daerah ini melakukan hal yang sama, sehingga populasi sapi di kabupaten ini semakin banyak dan target sebanyak 502 ekor sapi per tahun untuk Bangka Tengah bisa tercapai," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemprov Babel menargetkan populasi sapi mencapai 2004 ekor per tahun dan itu dibagi ke masing-masing kabupaten dan kota di daerah itu.

"Bangka Tengah diberikan target populasi sapi 502 ekor per tahun dan ini juga untuk mencapai target nasional swasembada sapi pada 2026 dengan menetapkan target pada setiap provinsi," ujarnya.