Senin, 21 Agustus 2017

Polda Sumsel ringkus kelompok perampok BRI

id kapolda, kapolda sumsel
Polda Sumsel ringkus kelompok perampok BRI
Polda Sumsel ringkus kelompok perampok BRI (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - Polda Sumatera Selatan meringkus empat dari delapan anggota kelompok perampok Bank Rakyat Indonesia Desa Betung Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Senin.

Modus Operandi yang digunakan pelaku adalah membobol brankas uang dengan menggunakan alat linggis dan pahat, kata Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Agung Budi Maryoto pada gelar perkara di Mapolda Sumsel.

Beruntung brankas yang dibobol pelaku ternyata bukan brankas uang, melainkan berkas milik bank tersebut.

Dijelaskan Kapolda, perampokan sendiri terjadi pada Jumat (24/2) di BRI cabang Desa Perambatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel.

Sementara informasi yang didapat, intelijen Polda Sumsel berhasil menangkap tersangka di tempat berbeda yaitu tersangka R ditangkap di rumahnya tak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP), sementara tersangka K, AM , dan T ditangkap di tempat tinggalnya di Palembang.

Menurut Kapolda, diantara ke empat tersangka yang tertangkap diketahui tersangka R dan K merupakan pengguna narkoba jenis sabu.

"Seperti yang pernah saya paparkan ada korelasi tindak kriminalitas kejahatan pencurian dan kekerasan dengan penggunaan narkoba," ungkap Agung Budi.

Kapolda mengimbau, pihak terkait di kawasan objek vital seperti bank dan pegadaian untuk memasang CCTV (kamera pengintai) agar mempermudah pelacakan pelaku apabila terjadi tindak kriminalitas di kawasan tersebut.

"CCTV cukup membantu paling tidak untuk reka ulang dan mengenali ciri pelaku dan apa yang mereka kenakan," kata Kapolda.

Menurut dia, pihaknya juga mengupayakan penguatan personel di sejumlah kabupaten/ kota termasuk di PALI.

"Masih akan kita tunggu kepastian penambahan personel dari Mabes Polri sekaligus saya perintahkan tindak tegas kepada pelaku pencurian dan narkoba," katanya.

Sementara, di tempat yang sama Wakil Pimpinan BRI Sumsel, Sunar Hartono memaparkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres setempat dan Polda Sumsel perihal keamanan.

"Penjagaan di bank dan ATM kita perketat mengingat kasus kejahatan yang belakangan ini terjadi," kata dia.

Oleh karena itu, pada malam dan siang hari selain Satpam BRI ada pula pihak kepolisian bersenjata yang turut mengamankan," kata dia.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga