Puluhan Kafilah ikut STQ di Baturaja

id stq, stq di baturaja

Puluhan Kafilah ikut STQ di Baturaja

Pelaksanaan STQ di Baturaja (Antarasumsel.com/Edo/17)

Baturaja (Antarasumsel.com) - Sebanyak 92 orang kafilah mengikuti Seleksi Tilawatil Quran ke-24 Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan berlangsung di komplek Masjid Agung Islamic Centre Baturaja, 27 Februari hingga 2 Maret 2017.

Para peserta merupakan utusan kafilah dari 13 kecamatan di Ogan Komering Ulu (OKU) akan menampilkan kemampuan masing-masing pada cabang yang dilombakan, kata ketua panitia pelaksana Seleksi Tilawatil Quran (STQ), Kadarisman di Baturaja, Selasa.

Dijelaskannya, STQ yang dibuka oleh Wakil Bupati, Johan Anuar itu memperlombakan cabang Tilawah, Hifzil dan Tafsir Quran dengan kategori peserta anak-anak dan dewasa putra maupun putri.

Dikemukakannya, untuk cabang Hifzil Quran (hafalan), terdiri atas satu juz, lima juz, 10 juz dan 30 juz.

Sementara, tujuan STQ ini guna menjaring bibit-bibit berprestasi di bidang pengamalan, penghayatan dan pembacaan Al Quran yang menjadi juara pertama akan diikutkan ke ajang STQ tingkat Provinsi Sumsel.

STQ tingkat Sumsel menurut dia, akan dihelat di Kabupaten Banyuasin pada 24 - 30 April 2017, namun sebelumnya para pemenang pertama akan diikutkan lebih dulu dalam pemusatan latihan, katanya.

Wabup OKU, Johan Anuar, meminta peserta untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka, sementara pemerintah akan terus mendorong semaksimal mungkin dalam pembinaan sumberdaya manusia di bidang keagamaan ini.

"Jadikan STQ ini sebagai ajang pencarian bakat, karena kita yakin Kabupaten OKU banyak memiliki SDM sendiri yang bisa diandalkan di tingkat lebih tinggi," katanya.

Sementara, Camat Peninjauan, Feri Iswan menyatakan telah membekali para peserta mewakili kecamatan yang dipimpinnya dengan seragam dan uang saku selama ajang STQ. Menurut dia, ada 13 orang mewakili Kecamatan Peninjaan di STQ kali ini.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan memberikan bonus bagi peserta STQ yang mewakili Kecamatan Peninjauan merebut juara satu.

"Pastinya seperti tahun-tahun sebelumnya akan kita berikan bonus, karena target kita tahun ini kembali merebut juara," katanya.