Luhut: Ada sepuluh kerja sama dengan Arab Saudi

id Luhut Binsar Panjaitan, kerjasama, ekonomi, Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulazis Al Saud, Indonesia, kunjungan kerja

Luhut: Ada sepuluh kerja sama dengan Arab Saudi

Luhut Binsar Panjaitan (ANTARA)

Bandung (Antarasumsel.com) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menuturkan terdapat sepuluh hal yang akan dikerjasamakan dengan Pemerintah Arab Saudi berkaitan dengan kedatangan Raja Salman bin Abdulazis Al Saud ke Indonesia.

"Sekitar 10 perjanjian kerja sama yang akan kita tandatangani seperti kilang minyak, penerbangan, fuel (bahan bakar minyak), tol laut, pariwisata, dan lainnya," kata Luhut usai menjadi pembicara kuliah umum di ITB, Kota Bandung, Rabu.

Meski begitu, Luhut belum bisa merinci berapa besaran nilai investasi di tiap daerah. Namun dipastikan nilai investasi di tiap wilayah akan berbeda.

"Satu daerah bisa beberapa juta dolar. Kalau kilang minyak investasinya sampai enam miliar dolar," kata dia.

Menurutnya, jika kerajaan Arab Saudi dapat menanamkan investasinya di tiap provinsi dengan beragam pengembangan potensinya, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat dipastikan dapat meningkat.

"Jadi serapan tenaga kerjanya pasti banyak," kata dia.

Luhut menuturkan, terdapat tiga wilayah di Indonesia sudah dipastikan akan mendapatkan proyek besar investasi dari kerajaan Arab Saudi, yakni Bontang, Cilacap, dan Bangka Belitung.

"Kalau Jabar saya belum lihat, mungkin (investasi) Geothermal," kata dia.