Sabtu, 21 Oktober 2017

Anggrek Merapi diharapkan dukung pariwisata

id anggrek, lereng Gunung Merapi, tanaman, daya tarik wisata, pecinta bunga anggrek, vanda tri color
Anggrek Merapi diharapkan dukung pariwisata
Ilustrasi- Salah satu jenis anggrek (Antarasumsel.com/)
Sleman (Antarasumsel.com) - Beragam jenis anggrek yang ada di lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata minat khusus di wilayah setempat.

"Banyak sekali jenis anggrek yang ada di hutan lereng Gunung Merapi ini. Ini bisa bisa mendukung pariwisata minat khusus bagi para pecinta bunga anggrek," kata pembudi daya anggrek Merapi di Dusun Turgo, Kabupaten Sleman Musimin di Sleman, Kamis.

Menurut dia, di hutan Merapi ini terdapat banyak jenis anggrek, selain jenis vanda tri color yang sudah banyak dikenal masyarakat luas.

"Ada puluhan jenis anggrek yang ada di Merapi, namun banyak juga yang sudah hilang atau punah akibat beberapa kali terkena erupsi Gunung Merapi," katanya.

Ia mengatakan beberapa waktu terakhir ini terus ditemukan jenis anggrek baru di kawasan bukit Turgo, Pakem.

"Anggrek temuan baru ini sebelumnya memang pernah hidup di hutan Merapi, dan saat ini spesies anggrek ini mulai berkembang lagi," katanya.

Musimin mengatakan bagi peminat tanaman anggrek keberadaan berbagai jenis anggrek ini dapat dijadikan pengalaman untuk mencermati berbagai jenis anggrek di hutan setempat.

"Ini kan menarik, bisa jadi peluang wisata. Para penggemar anggrek bisa datang dan mencermati atau mengamati berbagai jenis anggrek yang ada di Merapi," katanya.

Ia mengatakan peluang ini tinggal dikemas agar lebih menarik kunjungan wisatawan minat khusus.

"Bisa dikemas dalam bentuk belajar membudidayakan anggrek, atau mengenal spesies-spesies anggrek yang ada di hutan Merapi," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga