Camat diminta peka terhadap perkembangan di masyarakat

id camat, ujung tombak pemerintah, kebutuhan masyarakat, Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan, Lubukpakam

Camat diminta peka terhadap perkembangan di masyarakat

Ilustrasi pejabat daerah. (Antarasumsel.com/Ag)

Lubukpakam, Sumut (Antarasumsel.com) - Para camat diminta untuk selalu peka terhadap berbagai hal yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, karena camat merupakan ujung tombak pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Camat harus jeli melihat fenomena yang terjadi di masyarakat. Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, harus cepat direspon," kata Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Lubukpakam, Rabu.

Hal itu ia sampaikan usai melantik dua camat yakni Camat Pancur Batu David Efrata Tarigan yang sebelumnya  menjabat sebagai Camat STM Hulu menggantikan Antonius Pangaribuan MM yang memasuki masa pensiun.

Kemudian melantik Febri Efenetus Gurusinga sebagai Camat STM Hulu yang sebelumnya sebagai Sekretaris Camat Kecamatan Patumbak.

Ia mengatakan, pelantikan dan serah terima jabatan tersebut dalam upaya pengembangan karir sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan organisasi, sekaligus mengisi jabatan yang lowong karena pejabat lama  memasuki masa purna bakti.              
Ia juga mengingatkan pelantikan tersebut tidak diartikan hanya sebagai formalitas dan rutinitas saja, melainkan harus dimaknai sebagai sarana penguatan, pengembangan, dan pemberdayaan potensi diri.

Karena prestasi dan karir sangat ditentukan dari kemampuan untuk memahami tugas pokok dan fungsinya, mengenali potensi wilayah, serta mematuhi peraturan dan perundang-undangan.

Karenanya para camat yang baru dilantik tersebut diminta untuk mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi yang telah diamanatkan dengan sebaik-baiknya dan menjadi aparatur yang punya kompetensi, andal, dan profesional.

"Laksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab. Saya tidak ingin mendengar laporan camat yang dilantik tidak menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan tupoksinya. Kepada pejabat yang lama juga kami ucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama ini," katanya.