ADRI Lampung siap gelar konferensi Internasional

id Ahli dan Dosen Republik Indonesia, ADRI, tuan rumah, konferensi internasional, multidisiplin, Dr Ir HM Yusuf S Barusman MBA

ADRI Lampung siap gelar konferensi Internasional

Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (Antarasumsel.com/Grafis/Ag/)

Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Dewan Pengurus Daerah Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) Provinsi Lampung telah ditunjuk Pengurus Puaat ADRI sebagai tuan rumah konferensi internasional multidisiplin.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) ADRI Provinsi Lampung Dr Ir HM Yusuf S Barusman MBA, di Bandarlampung, Senin, bersama majelis kepengurusan yang baru dilantik akhir pekan lalu, langsung dihadapkan pada jadwal padat.

Pasalnya DPD ADRI Provinsi Lampung ditunjuk DPP ADRI sebagai tuan rumah konferensi internasional multidisiplin ADRI tingkat nasional, Mei mendatang.

"Alhamdulillah, kami sambut sangat bangga bisa terpilih sebagai tuan rumah konferensi tersebut. Penunjukan ini menjadi salah satu agenda perdana pengurus ADRI Lampung masa bakti 2017-2021 yang telah dikukukan di Batam, Kepulauan Riau ini," ujar Yusuf yang juga Rektor Universitas Bandarlampung (UBL) itu.

Yusuf menjelaskan, dalam konferensi internasional multidisiplin ADRI tingkat nasional nanti, rencananya akan diikuti ribuan peserta yang ditargetkan datang dari seluruh Indonesia dan ASEAN.

"ADRI juga akan mensinergikan jurnal yang dikelola masing-masing perguruan tinggi. Kemudian, kolaborasi riset dan publikasi antardosen perguruan tinggi termasuk luar Lampung serta internasional," katanya.

Terkait program itu, ADRI Provinsi Lampung, menurut Yusuf, tengah merancang pelatihan penelitian dan publikasi jurnal. Program lainnya, peningkatan produktivitas paten dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) melalui pendampingan khusus.

Mengenai keberadaan ADRI di tengah masyarakat, pria yang juga Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Organisasi Wilayah (ICMI Orwil) Lampung itu menjelaskan bahwa organisasi ADRI merupakan wadah perkumpulan para kaum dosen dan ahli profesional yang tidak berafiliasi pada partai politik atau organisasi masyarakat lain.

"Anggotanya dosen punya nomor induk dosen nasional (NIDN) dan bergelar minimal S2, misinya membantu pengembangan karir dosen melalui optimalisasi Tridarma Perguruan Tinggi," ujarnya.

Dia menjelaskan, sesuai tugas pokok dan fungsi kerjanya, ADRI Provinsi Lampung juga memiliki mandat merekomendasikan para dosen yang akan melanjutkan studi keluar negeri.

"Selain itu, ADRI bisa membantu pihak kampus maupun sivitas akademika untuk menggelar pelatihan dan pendampingan penulisan artikel dan pengelolaan jurnal internasional hingga memberi masukan kepada pengambil kebijakan terkait dengan dosen," katanya lagi.