Jet Li juga akan bintangi Film "pamanca"

id Jet Li, Jacky Chan, Sineas asal Makassar, film indonesia, naskah film, dibintangi, aktor laga internasional

Jet Li juga akan bintangi Film "pamanca"

Jacky Chan dan Jet Li (Ist)

Makassar (Antarasumsel.com) - Sineas asal Makassar, Sulawesi Selatan sudah menyerahkan naskah film yang akan diperankan oleh dua aktor laga dunia yakni Jacky Chan dan Jet Li untuk ikut bergabung dalam film kolosal Sulsel "Pamanca The Movie".

"Naskah filmnya sudah kami serahkan untuk dipelajari, semoga semuanya berjalan lancar sampai hari H nanti," ujar Produser Eksekutif Pamanca The Movie Muhammad Basir, di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, semua upaya untuk mendatangkan dua aktor laga kelas dunia itu digunakan, namun tidak dengan iming-iming bayaran karena tarif keduanya termasuk tertinggi di dunia.

Den Raffi, sapaan akrab Muhammad Basir itu, mengaku jika unsur kedekatan dengan legenda kungfu itu menjadi upaya yang dilakukannya serta menumbuhkembangkan perfilman daerah.

"Karena faktor kedekatan saja makanya kami bisa ajak nanti. Juga karena ingin memajukan perfilman di sini. Kalau murni masalah bayaran, pasti kami tidak sanggup," ujarnya pula.

Ia mengaku, rencana penggarapan film action, "Pamanca The Movie" akan memasukkan tahapan praproduksi. Rencananya, pekan depan Rafindo Galesong yang memproduksi film ini sudah membuka 'casting' pemain dan pembuatan teaser film.

Sesuai judul, film bergenre epik histori ini bakal mengangkat kisah seputar Pamanca, yakni budaya bela diri tradisional masyarakat Sulawesi Selatan yang hampir terlupakan.

Di Sulsel, Pamanca dikenal sebagai salah satu cabang bela diri dengan atraksi yang terbilang ekstrem. Pelakonnya, selain dibekali jurus silat, juga kadang mempertontonkan kekebalan senjata tajam.

Juru Bicara "Pamanca The Movie", Andi Iwan mengatakan pada 11 Maret 2017 mendatang semua kru akan bergerak dari Jakarta ke Makassar untuk melakukan sejumlah rangkaian praproduksi film adaptasi sejarah ini.

"Ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan yakni keperluan pengambilan gambar dalam opening film Pamanca. Selain itu, casting calon pemain lokal juga akan mulai dilakukan," katanya lagi.

Lokasi casting, kata Iwan, Rafindo Galesong akan melakukannya pada empat lokasi yang berbeda, yakni Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Bone, dan Kota Parepare.

"Lokasi casting sengaja kami perluas agar dapat mencari bibit pemain film lokal Sulsel, juga dilakukan berdasarkan masukan dari sejumlah pemuka masyarakat di Sulsel," kata Iwan lagi.  
Menurutnya, pemain lokal ini nanti akan menjadi pemeran utama dan bermain bersama artis dan aktor papan atas Indonesia dan dunia, seperti Jackie Chan.

"Kami juga akan memperkenalkan bakat film anak-anak Makassar maupun Sulsel umumnya bahwa mereka bisa juga berakting," ujarnya pula.

Artis nasional yang akan bermain dalam film garapan Rafindo Galesong ini, Iwan masih enggan membeberkan. Namun menurutnya, artis nasional yang akan membintangi film ini akan didatangkan pekan depan.

Menurutnya, Pamanca The Movie bakal menjadi tontonan yang menghibur bagi masyarakat. Kekuatan film ini akan bertumpu pada cerita para tobarani (pemberani) pada masa tahun 1800-an atau masa penjajahan Belanda.

Film ini juga akan mengandalkan efek visualisasi yang didukung teknologi terkini, sehingga penonton nanti bisa merasakan pengalaman menikmati film kolosal layaknya produksi luar negeri.