Jumat, 23 Juni 2017

Erupsi Gunung Sinabung jadi daya tarik wisatawan

id Gunung Sinabung, abu vulkanisk, erupsi, Karo, Provinsi Sumatera Utara, Pos Pemantauan Sinabung, tempat wisata, daya tarik, wisawan lokal
Erupsi Gunung Sinabung jadi daya tarik wisatawan
Ilustrasi- Warga mengabadikan Gunung Sinabung yang kembali menyemburkan abu vulkanik, terlihat dari Desa Suka Nalu, Karo, Sumut (ANTARA)
Medan (Antarasumsel.com) - Erupsi yang terjadi dalam beberapa bulan belakangan ini pada Gunung Sinabung di Kabupaten karo, Sumatera Utara, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisawan lokal dan mancanegara untuk datang ke daerah itu.

Pengamat pariwisata, Dedi Nelson di Medan, Senin, mengatakan saat ini masyarakat telah menjadikan erupsi Gunung Sinabung sebagai objek wisata.

"Hal itu ditandai dengan semakin meningkatnya wisatawan nusantara dan mancanegara untuk menyaksikan erupsi Gunung Sinabung dari Zona aman," katanya.

Bagi wisatawan, kata General Manager Hotel International Sibayak Berastagi itu, selalu menanyakan kapan erupsi terjadi mengingat hal yang langka itu sangat menarik bagi mereka untuk disaksikan, karena tidak setiap saat erupsi terjadi.

Selain menyaksikan erupsi Gunung Sinabung, banyak juga para wisatawan yang cukup antusias untuk mendaki Gunung Sibayak yang jaraknya memang tidak jauh dari Gunung Sinabung.

"Dari Gunung Sibayak, mereka juga bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah sangat luar biasa, dimana wisatawan juga bisa menyaksikan Erupsi Gunung Sinabung dari puncaknya, serta menyaksikan matahari terbit," katanya.

Kabupaten Karo, kata dia, memang sangat menarik bagi wisatawan, karena dengan kunjungan dua hari mereka juga bisa menikmati pemandangan alam di Taman Simalem Resort yang menyuguhkan pemandangan langsung ke Danau Toba.

Saat ini di Taman Simalem Resort, wisatawan bisa menikmati wisata edukasi bagi murid-murid sekolah yakni menyaksikan bagaimana bercocok tanam sayuran, yang juga dilengkapi dengan area untuk Outbond.

"Hal itu sangat cocok bagi perusahaan untuk melaksanakan kegiatan Team Building. Dengan semakin lengkapnya fasilitas di Taman Simalem, tentu juga akan meningkatnya kunjungan Wisatawan ke Tanah Karo," katanya.

Di tengah kesibukannya mempersiapkan kegiatan Ulang Tahun Hotel Internasional Sibayak yang ke 27, ia mengharapkan semua pihak, masyarakat dan pemerintah lebih serius dan fokus untuk kemajuan pariwisata di daerah itu.

Karena pembangunan pariwisata yang berhasil dengan baik ditandai dengan meningkatnya arus kunjungan wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara, yang tentunya akan memberikan manfaat kesejahteraan bagi masyarakat luas.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga