Legislator Sumsel minta penyelesaian gaji guru SMA

id guru, gaji guru sma

Legislator Sumsel minta penyelesaian gaji guru SMA

Anggota DPRD Sumsel minta penyelesaian gaji guru SMA (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (Antarasumsel/com) - Wakil Ketua DPRD Sumatera Selatan Nopran Marjani meminta pihak Dinas Pendidikan provinsi setempat untuk menyelesaikan persoalan pembayaran gaji guru SMA/SMK di daerah tersebut.

"Saya banyak mendapat pesan singkat (SMS), telepon bahkan di media sosial menanyakan gaji guru SMA/SMK tidak dibayarkan sejak Januari sampai Maret, karena peralihan SMA/SMK ke provinsi," kata Nopran Marjani di Palembang, Senin.

Menurut dia, kalau perlengkapan administrasi belum selesai maka tidak bisa dicairkan dananya dan itu sudah dibayar pada Februari. Akan tetapi, permasalahan sekarang keinginan BPKAD gaji guru sekitar 9.500 orang itu dibayarkan melalui rekening.

Persoalannya sekarang, tidak semua guru di Sumsel itu mempunyai nomor rekening, katanya.

Ia mengatakan, sehubungan dengan itu maka tugas Dinas Pendidikan untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

"Kita berharap, persoalan itu bisa diselesaikan dalam minggu ini, bagi yang belum mempunyai rekening, tinggalkan saja," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo mengatakan, selama ini gaji guru dibayar ke rekening sekolah. Kendalanya BPKAD minta ditransfer ke masing-masing guru.

Kemudian kedua tidak semua guru punya rekening terutama yang belum sertifikasi sehingga kesulitan dan faktanya sulit untuk mengumpulkan rekening guru. Selain itu jarak bank dan tempat tinggal guru tidak sedekat seperti yang tinggal di Palembang.

Ia menyatakan, solusinya akan dipisahkan guru-guru yang punya rekening dan yang belum punya rekening.

Kemudian guru-guru yang punya utang direkap lagi disalurkan ke bank ke rekening sekolah. Kemungkinan hari Rabu (8/3) sudah bisa dicairkan, bagi guru yang tidak mempunyai permasalahan, katanya.