Minggu, 20 Agustus 2017

Jalur Riau-Subar kampar berlakukan buka tutup

id longsor, jalan putus, Jalan lintas Provinsi, Riau-Sumatera Barat, antri saat melintas, sistem buka tutup
Jalur Riau-Subar kampar berlakukan buka tutup
Ilustrasi (ANTARA FOTO)
Pekanbaru (Antarasumsel.com) - Jalan lintas Provinsi Riau-Sumatera Barat yang amblas dan sempat ditutup total di Kilometer 69-70 Dusun Bukit Agung, Desa Kuok, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar pada Senin petang (6/3) berhasil diperbaiki.

"Meski telah diperbaiki namun kita masih terapkan sistem buka tutup," kata Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi dihubungi dari Pekanbaru, Selasa pagi.

Edy menuturkan bahwa proses perbaikan berlangsung sekitar 10 jam menggunakan alat berat. Perbaikan selesai sekitar pukul 03.00 WIB dinihari tadi. Perbaikan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (Dinas) PU Kampar dan melibatkan kepolisian itu dilakukan dengan cara penimbunan.

Ia menjelaskan untuk saat ini jalan itu sudah dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Sementara itu, untuk kendaraan roda enam atau lebih belum diperkenankan melintasi jalan itu, melainkan melintasi jalur alternatif yang telah disiapkan.

Selain itu, ia juga mengatakan sistem buka tutup terpaksa dilakukan karena sisi sebelah kiri jalan dianggap belum terlalu kuat untuk dilintasi kendaraan.

"Personel kita berada di lapangan dan siap untuk berikan bantuan," ulasnya.

Ia menjabarkan jalur alternatif tersebut adalah jembatan Pasar Kuok-Jalan Desa Empat Balai kemudian ke Pulau Jambu-Ganting Damai. Selanjutnya pengendara harus melewati Sipungguk menuju Pulau Muara Uwai untuk kemudian tiba di Bangkinang.

Sebelumnya diberitakan jalan lintas Riau-Sumbar pada Senin sore (6/3) sekitar pukul 17.00 WIB amblas hingga sedalam dua meter. Seluruh badan jalan lintas itu amblas diduga akibat kerangka besi gorong-gorong telah rusak.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu menyusul jalur lintas itu juga cukup sepi karena puluhan titik longsor di Sumbar.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga