Lima desa Banjir akibat luapan Sungai Rokan

id banjir, hujan deras, merendam ratusan rumah, pekanbaru, riau, tergenang air, ketinggian air, Hujan lebat, Sungai Air Kotok,

Lima desa Banjir akibat luapan Sungai Rokan

Ilustrasi Sejumlah warga menyusuri jalan yang tergenang air menggunakan perahu berbahan kayu. (Antarasumsel.com/Feny Selly/Aw)

Pekanbaru (Antarasumsel.com) - Sejumlah lima desa di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau terendam banjir akibat meluapnya air di Sungai Rokan diperkirakan karena intensitas curah hujan yang tinggi.

"Kelimanya Desa Kasang Mangkal, Kasang Padang, Sontang, Teluk Sono, dan Bonai. Akibat meluapnya air Sungai Rokan yang berasal dari hulu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Selasa.

Hulu sungai tersebut berada di Kecamatan Kunto Darussalam, Ujung Batu, Tandun, dan Rokan IV Koto, Rohul.

Di Desa Kasang Mungkal ketinggian air untuk saat sekarang ini naik hingga 90-100 centimeter. Hal ini mengakibatkan aktivitas sekolah di SDN 03 mulai Selasa (7/3) ini dihentikan hingga tiga hari ke depan. Aktivitas Pasar tradisional Kasang Mungkal terhanggu akibatnya
Sedangkan lebih kurang 45 unit rumah di Dusun Sei Sagang terendam banjir. Sekitar 35 unit rumah Dusun 3 Sei Kulim, dan Lima rumah di sekitar di Dusun Sei Dauhan Baru.

Di Desa Sontang ketinggian air juga hingga 60-100 Cm.Akibatnya PAUD Mawar, TK Anggrek, SDN. 01, SMP. 01, SMA 01, dan SDN. 06 aktifitas sekolahnya dihentikan hingga tiga hari ke depan.

Jumlah rumah terendam banjir lebih kurang 150 unit di Dusun Titian Gading, 100 unit di Dusun II Delapan Tali Baru, dan 77 unit di Dusun I Harapan. Prasarana dan fasilitas Umum yang terkena banjir diantaranya Mesjid Darussalam, Surau suluk Syeh Muhammad Kayo, Surau Kampung baru, Surau Suluk syeh muhammad Saleh, dan empat unit Mushola, dan Los Pasar Titian Gading.

"Prasarana pemerintahan, Pusat Kesehatab Masyarakat dan Kantor Urusan Agama yang terkena banjir," ujat Guntur.

Kemudian di Desa Teluk Sono ketinggian air 60-150 Cm merendam 150 unit rumah Perum PT. Hetahaean Afd I,II,III dan 85 unit di Dusun I. Aktifitas sekolah SDN 10 dihentikan hingga tiga hari kedepan.

Di Desa Kasang Padang ketinggian air 50-100 Cm. Terakhir di Desa Bonai ketinggian air 90-100 Cm dan fasilitas umum Pasar tradisional Kasang Mungkal terkena banjir. Aktifitas sekolah SD.Swasta Tanjung Pauh dihentikan hingga tiga hari ke depan dan sejumlah rumah Dusun Jurong dan Tanjung Pauh.