Emas turun jelang perkiraan kenaikan suku bunga

id emas, harga emas turun

Emas turun jelang perkiraan kenaikan suku bunga

Emas batangan. (Reuters)

Chicago (Antara/Xinhua) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena para pedagang terbebani kemungkinan kenaikan suku bunga.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April turun 9,4 dolar AS, atau 0,77 persen, menjadi menetap di 1.216,10 dolar AS per ounce.

Para investor menghabiskan hari perdagangan dengan fokus pada apa yang diyakini kenaikan suku bunga Federal Reserve yang akan datang. Mereka sekarang percaya the Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,75 ke 1,00 selama pertemuan FOMC Maret

Menurut alat Fedwatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk menaikkan suku bunga dari 0,50 ke setidaknya 0,75 adalah 84 persen pada pertemuan Maret dan 78 persen untuk pertemuan Mei, bersama dengan peluang 7,0 persen kenaikan ke tingkat 1,0.

Dolar AS juga menempatkan tekanan pada logam mulia, karena indeks dolar AS naik 0,11 persen menjadi 101,82 pada pukul 18.43 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.(Penerjemah:A. Suhendar)