Sumsel target dua emas Festival Catur Pelajar

id catur, medali emas, kejuaraan nasional, Nurdin Abubakar, Festival Catur Pelajar

Sumsel target dua emas Festival Catur Pelajar

Ilustrasi Pertandingan catur (ANTARA)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia Sumatera Selatan menargetkan dua medali emas pada kejuaraan tingkat nasional bertajuk Festival Catur Pelajar Indonesia di Jakarta 10-13 Maret 2017.

Pelatih catur Sumsel Nurdin Abubakar PN di Palembang Selasa mengatakan Percasi Sumsel sangat optimistis dapat mencapai target tersebut karena menurunkan enam pecatur terbaik yakni, Aldi, David, Habsyi, Rizki, Zaki dan Husein yang tiga di antaranya merupakan juara Kejurnas.

"David pernah meraih perunggu, Habsyi meraih emas dan Zaki meraih emas. Jadi target kami, sedikitnya dua emas dari catur cepat dan standar," kata dia.

Para atlet ini rencananya diturunkan pada nomor catur cepat dan standar dengan mengikuti kategori U-17 dan U-13.

Menurut Nurdin Festival Catur Pelajar ini sebagai ajang pemanasan tim Sumsel untuk turun di Kejurnas pada Juli 2017 di Jakarta.

"Kami berharap atlet di Festival Carur ini dapat mengujicoba hasil latihanya selama ini, nanti di saat Kejurnas diharapkan dapat meraih hasil terbaik," kata dia.

Sementara itu, Sekum Percasi Sumsel Mursili Tjik Aman mengatakan keberadaan Akademi Catur Sumsel (ACSS) sejak 2012 ini telah mendongkrak prestasi olahraga ini karena telah melahirkan sejumlah atlet junior berbakat.

Puluhan siswa berusia 10-16 tahun itu mengikuti proses pembelajaran catur berstandar internasional selama tiga tahun dengan menginap di asrama untuk memenuhi target Sumsel mencetak atlet skala nasional dan dunia.

Seluruh siswa akan ditanggung biaya sekolah, mendapatkan fasilitas akomodasi (makan dan transfortasi), serta ditargetkan dalam jangka waktu 3-5 tahun mampu menguasai permainan catur di atas rata-rata.

"Setelah membina hampir lima tahun, kini Sumsel mulai menuai buahnya," kata Mursili.***4***

(T.D019/B/H007/H007) 07-03-2017 21:05:58