Senin, 21 Agustus 2017

4 negara usulkan pantun warisan budaya dunia

id pantun, unesco, Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, warisan budaya dunia, BPNB, Toto Sucipto
4 negara usulkan pantun warisan budaya dunia
Ilustrasi (Antarasumsel.com/Ist)
Tanjungpinang (Antarasumsel.com) - Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand akan mengusulkan pantun menjadi warisan budaya dunia ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco).

"Saat ini kami sedang melengkapi dokumen tentang pantun sebagai kelengkapan syarat ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco)," kata Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) wilayah Kepulauan Riau Toto Sucipto, Selasa.

Menurut Toto, budaya pantun sudah tersebar luas di empat negara tersebut dan penyebarannya tidak terbatas pada wilayah administratif negara.

"Dilihat dari pengusungnya, maka kemungkinan empat negera ini bisa dikatakan sebagai pemilik pantun," ucap Toto.

Dengan alasan, pantun sudah sering digunakan dalam seharian masyarakat, pemerintah, bahkan dalam komunikasi formal maupun nonformal. Dengan kata lain, pantun bisa dimiliki oleh beberapa negara.

"Tidak ada klaim antar negara, di Indonesia saja pantun juga berkembang di Riau,  Kepulauan Riau, Jakarta,  dan daerah lainnya," ungkap Kepala BPNB wilayah Kepri, Riau, Babel dan Jambi tersebut.

Menurut dia, Maret 2017 ini akan datang tim ahli dari pusat ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, untuk memeriksa kelengkapan syarat pengusulan pantun tersebut.

"Selain itu, kamu juga akan mengadakan pertemuan dengan dinas kebudayaan Kepri dan 100 warga Kepri untuk berbicara soal pantun. Intinya kami ingin melihat komitmen warga untuk mengusung pantun," tuturnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga