Minggu, 28 Mei 2017

Nelayan Mukomuko selamat dari kapal nyaris karam

id nelayan, tenggelam, kapal tenggelam, karam, abk, anak buah kapal, Rahmad Hidayat, Mukomuko
Nelayan Mukomuko selamat dari kapal nyaris karam
Ilustrasi kapal tenggelam . (ANTARA News/Handry Musa)
Mukomuko (Antarasumsel.com) - Seorang penumpang kapal nelayan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu selamat setelah berenang sejauh sekitar dua mil dari pinggir pantai wilayah itu.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, di Mukomuko, Selasa, mengatakan nelayan tersebut menyelamatkan diri dari kapalnya yang nyaris karam akibat diterjang angin kencang dan gelombang tinggi yang melanda perairan laut di wilayah itu.

"Nelayan yang selamat itu atas nama Umbin (45) pemilik kapal nelayan tersebut," ujar dia.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan dari nelayan tersebut, awal mula kapal tersebut mengalami kerusakan karena tidak sanggup menyongsong angin kencang yang menerpa perairan laut di wilayah itu.

Kemudian, nelayan tersebut membuang jangkar, namun setelah itu kapal tersebut bocor, diduga karena pengaruh gelombang tinggi yang menghantam kapal nelayan tersebut.

Setelah itu, ia mengatakan, nelayan tersebut menyelamatkan diri dengan cara berenang ke pinggi pantai di wilayah itu.

Sedangkan, lanjutnya, kapal nelayan tersebut terbawa arus dan terdampar di perairan laut di antara Kecamatan Sungai Rumbai  dengan Kecamatan Ipuh.

Kemudian, katanya, nelayan di wilayah itu bekerja sama menyeret kapal tersebut sampai ke dermaga Kecamatan Teramang Jaya.

Ia mengatakan, sejak beberapa hari terakhir angin kencang disertai gelombang tinggi masih melanda perairan laut di wilayah itu. Nelayan setempat diminta untuk mewaspadainya karena berbahaya bagi perahu dan keselamatan nelayan.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga