KAI adakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis

id aida, pt kai

KAI adakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis

Manager Humas PT KAI Divre III Sumsel, (Antarasumsel.com/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang mengadakan Bakti Sosial pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic bagi warga di kawasan Stasiun Tanjung Enim Baru, Kabupaten Muara Enim, Rabu.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial "PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Hadir Untuk Negeri" dan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat di lingkungan operasional perusahaan, kata Manager Humas PT KAI Divre III, Aida Suryanti di Palembang.

Dijelaskannya, Rail Clinic merupakan rangkaian yang terdiri atas dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan, di mana masing-masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan berbeda.

Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang akan diberikan di dalam Rail Clinic adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama, warga dapat memeriksakan kesehatan di sini secara gratis.

Layanan kesehatan tersedia di Rail Clinic ini pemeriksaan gigi, bagi ibu hamil dapat memeriksakan kandungannya dan dilengkapi dengan Ultrasonography (USG), periksa mata, dan cek kesehatan lainnya.

Pada kegiatan ini melibatkan tenaga medis diantaranya dokter umum, dokter gigi, dokter kandungan, bidan, petugas lab, petugas poli mata dan paramedis lainnya.

"Selama satu hari ini, masyarakat di sekitar Stasiun Tanjung Enim Baru dapat menikmati layanan kesehatan gratis di Rail Clinic Dengan adanya kegiatan ini, kami harap akan terjadi sinergi positif, sehingga masyarakat akan turut menjaga kelancaran dan keamanan perjalanan kereta api," kata Aida.

Sementara, pada acara tersebut PT KAI menyerahkan bantuan kacamata dan bingkisan kepada Siswa Sekolah Dasar (SD) Tanjung Enim Baru yang terpilih.