Babel tingkatkan SDM UKM gunakan teknologi

id ukm, usaha kecil menengah, teknologi, pemasaran produk, jangkaua konsumen, luar daerah

Babel tingkatkan SDM UKM gunakan teknologi

Ilustrasi- UMKM (ANTARA)

Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia pelaku usaha kecil menengah (UKM) dalam menggunakan teknologi guna meningkatkan produktivitas dan pemasaran produk.

"Saat ini perkembangan UKM berjalan lambat karena produksi dan pemasaran yang masih bersifat tradisional," kata Kepala Seksi Sumber Daya Alam dan Teknologi Industri Disperindag Kepulauan Babel, Marhoto di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menyebutkan, untuk meningkatkan SDM UKM dalam memanfaatkan teknologi pihaknya akan melatih 14 orang pelaku UKM tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung dan Belitung Timur.

"Kita ingin mencontoh pelaku UKM di Bali dan Jawa Barat yang sudah memanfaatkan teknologi dalam memproduksi dan memasarkan produk makanan olahan, kerajinan dan lainnya," ujarnya.

Menurut dia produktivitas UKM dalam memproduksi makanan olahan dan kerajinan khas daerah masih kurang untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Demikian juga dalam pemasaran, UKM masih menggunakan metode "door to door" dan belum memanfaatkan informasi teknologi.

"Pola pikir pelaku usaha ini harus diubah guna mempercepat perkembangan usaha yang mandiri dan berdaya saing di pasar global," ujarnya.

Ia berharap pelatihan ini dapat mendorong pelaku usaha lainnya untuk beralih dan memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan usahanya.

"Kami berharap UKM meninggalkan cara-cara tradisional dalam menjalankan usaha dan beralih menggunakan teknologi agar produk yang dihasilkan lebih berkualitas," ujarnya.