Selasa, 28 Maret 2017

Bengkulu miliki 12 produk pangan unggulan bersertifikat

id buah-buahan, sayuran, umbi-umbian, beras, produk pangan bersetifikat, Dinas Ketahanan Pangan, Evarini, sawo Kaur, pisang Curup
Bengkulu miliki 12 produk pangan unggulan bersertifikat
Ilustrasi (Antarasumsel.com/Ist)
Bengkulu (Antarasumsel.com) - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu meluncurkan 12 produk pangan unggulan bersertifikat, terdiri dari jenis buah-buahan, sayuran, umbi-umbian dan beras.

"Produk pangan unggulan bersertifikat itu berarti bahan pangan tersebut aman dan tidak mengandung zat berbahaya," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Evarini di Bengkulu, Kamis.

Produk bersertifikasi tersebut yakni beras Seginim, beras Seluma, cabe keriting merah Curup, salak Bengkulu Utara, salak  Rejanglebong, jeruk gerga Lebong, jeruk kalamansi  Bengkulu Tengah, jeruk kalamansi Curup, kentang merah Curup, sawo Kaur, pisang Curup dan pepaya california Seluma.

Belasan produk pangan tersebut menurut dia sudah disertifikasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu dan dinyatakan sebagai produk pangan segar aman dari zat berbahaya.

Menurut Evarini, selain 12 produk pangan tersebut, masih ada komoditas unggulan pertanian dan perkebunan di daerah ini yang belum bersertifikasi.

"Padahal untuk mendapatkan sertifikasi produk pangan segar itu tidak susah," ujarnya.

Para petani maupun pedagang, kata dia, cukup mendatangi Kantor Dinas Ketahan Pangan Provinsi Bengkulu lalu mengisi blanko memuat keterangan nama produk, luas lahan dan jumlah produksi atau hasil panen.

Selanjutnya akan diambil sampel produk untuk uji laboratorium. Jika produk pagan tersebut lolos uji maka akan di keluarkan sertifikatnya.

"Kalau tidak lolos uji akan diberikan penyuluhan kepada petani maupun pedagang yang bersangkutan," kata dia.

Ia menambahkan, produk pangan segar yang tersertifikasi akan menjamin bahan makanan yang beredar di masyarakat aman untuk konsumsi sehingga konsumen terlindung.

Sedangkan manfaatnya bagi petani maupun penjual adalah harga jual yang lebih tinggi sebab produknya terpercaya atau bermutu tinggi.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga