Minggu, 24 September 2017

200 Wartawan Riau sudah lulus uji kompetensi

id wartawan , memberitakan, pemberitaan, peristiwa teror, pwi, uji kompetensi wartawan, bersikap cerdas, bijaksana, kontraproduktif
200 Wartawan Riau sudah lulus uji kompetensi
Ilustrasi (ANTARA)
Dumai, Riau (Antarasumsel.com) - Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Riau, Eka Putra menyebut dari total 800 anggota, sekitar 200 wartawan dinyatakan sudah kompeten dan lulus mengikuti uji kompetensi wartawan.

"Uji kompetensi wartawan sudah digencarkan sejak beberapa tahun lalu agar semua wartawan memiliki sertifikat kompeten dan kedepan akan terus diadakan, baik di ibukota provinsi ataupun kabupaten kota," kata Eka, usai sosialisasi UKW di Kota Dumai, Rabu.

Ratusan wartawan sudah bersertifikasi kompeten dari Dewan Pers ini  hasil UKW hingga tingkat VI diadakan PWI Riau untuk seluruh awak media di 12 kabupaten kota diadakan di Kota Pekanbaru dan daerah lain.

Dikatakan, pelaksanaan UKW ini dijalankan sesuai edaran Dewan Pers mendorong wartawan kompeten dalam pelaksanaan tugas sehari hari di bidang jurnalistik dengan berpedoman undang undang pers dan kode etik jurnalistik.

Setiap wartawan akan dianggap seorang jurnalis sejati dari perusahaan pers terdaftar dan menjalankan peliputan secara profesional jika sudah kompeten ditandai dengan pernah mengikuti UKW dan mengantongi kartu Dewan Pers.

"Kami mendorong anggota pwi untuk mengikuti tes ukw karena dewan pers di tahun berikutnya akan menerapkan kebijakan kompetensi wartawan ini ke semua lembaga pemerintah dan badan publik," sebutnya.

Disebutkan, terkait peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari 2017, PWI Riau berencana mengadakan UKW angkatan VII pada 1-2 April di Kota Pekanbaru dan VIII di Kota Dumai 30-31 Maret 2017 untuk anggota.

Sedangkan untuk puncak peringatan HPN tingkat Provinsi Riau, telah ditunjuk Kota Dumai sebagai tuan rumah pelaksana, karena PWI Riau melihat daerah ini dinilai paling siap dan antusias kepala daerah mendukung sukses kegiatan tersebut.

Penunjukan Dumai tuan rumah pelaksana puncak peringatan HPN tingkat Propinsi Riau berdasarkan surat keputusan PWI Provinsi Riau nomor 850 tahun 2016 , dan diharap kesiapan terus dimatangkan.

Wali Kota Dumai Zulkifli As saat menerima audiensi Panitia HPN Riau berharap sebagai tuan rumah pelaksana, dapat memberikan manfaat bagi daerah, misal ajang promosi berbagai bidang, seperti pariwisata, perindustrian, pelabuhan, perdagangan dan lainnya.

Peringatan hpn di dumai kita harapkan bisa membawa manfaat besar bagi daerah dan dapat memajukan pers kedepannya," sebut wali kota.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga