Pemkot Palembang munculkan kembali makanan khas `ketolo`

id ketolo, makanan khas daerah, ketolo, kegiatan resmi pemerintahan, Dinas Pariwisata, tepung beras, Festival Film Indonesia, pempek keriting, burgo

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang memunculkan kembali makanan khas daerah yang hampir punah `ketolo` dalam berbagai festival dan kegiatan resmi pemerintahan.

Kepala Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Palembang Maulidia Wahyuni di Palembang, Jumat, mengatakan makanan terbuat dari tepung beras ini sempat juga ditampilkan pada Festival Film Indonesia (FFI) 2014.

"Ketika itu banyak yang bingung terhadap panganan yang menyerupai pempek keriting dan burgo ini," kata Maulidia.

Ia mengatakan, ketolo ini secara tampilan mirip makanan khas lain yakni burgo dan pempek keriting. Namun bedanya, ketolo disantap dengan menggunakan kuah santan gula merah.

"Saat ini sudah sulit ditemukan di pasaran, jadi banyak masyarakat bingung bahkan tidak tahu sama sekali," kata dia.

Untuk itu, demi melestarikan makanan khas Palembang ini, pemkot akan melakukan pembinaan ke masyarakat khususnya di kawasan Kuto dan Seberang Ulu karena menjadi lokasi penduduk asli.

Sementara ini berdasarkan data Dinas Pariwisata Kota Palembang diketahui bahwa terdapat 100 jenis makanan khas Palembang yang tidak semuanya bertahan di pasaran.

Beberapa hal menjadi penyebabnya, salah satunya adalah sulitnya mendapat bahan baku dan cara memasak yang harus menggunakan sistem tradisional.

"Semua makanan yang hampir punah, akan dilestarikan lagi. Salah satunya adalah Ketolo yang saat ini masih dilestarikan oleh salah satu keluarga di kawasan Seberang Ulu," kata dia.***3***

(T.D019/B/M033/M033) 10-03-2017 13:58:16