Pertamina Retail ajak siswa Palembang terampil mekanik

id pertamina, pertamina csr

Pertamina Retail ajak siswa Palembang terampil mekanik

Pertamina Retail kerja sama Dinas Pendidikan Sumsel (Antarasumsel.com/Susilawati/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - PT Pertamina Retail mengajak siswa di Kota Palembang untuk terampil mekanik dengan menggelar pelatihan dan keterampilan yang tujuannya memberikan bekal keahlian di bidang otomotif.

"Program ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi siswa SMK, khususnya jurusan otomotif," kata Asisten Manager Communication PT Pertamina Retail, Yoesoef Alfredo S di Palembang, Jumat.

Menurut dia, bekal ini nantinya bisa digunakan para siswa untuk terjun ke dunia kerja baik sebagai mekanik bahkan pemilik bengkel.

Pelatihan dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palembang, 9-10 Maret 2017 telah diselenggarakan untuk yang ke dua puluh tujuh kalinya. Sekolah yang terpilih yaitu SMK Negeri 2 dan SMK Negeri 4 Palembang.

Sebelumnya, pelatihan yang sama juga diselenggarakan di sekolah swasta maupun negeri ada di Palembang.

"Pertamina Retail memberikan teori dan praktek untuk peningkatan kompetensi siswa dan kami berharap kedepannya bisa mengurangi angka pengangguran," ujarnya.

Pada pelatihan ini juga, siswa akan dikenalkan dengan praktek penggantian pelumas menggunakan produk Pertamina untuk kendaraan roda dua.

Pada pelatihan dan keterampilan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Selatan itu, PT Pertamina Retail juga memberikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa seperangkat peralatan penggantian pelumas dan produk Pertamina berupa pelumas enduro matic dan enduro racing.

Sementara itu Kabid SMK Dinas Pendidikan Sumatera Selatan, Irina menyatakan, dengan keterampilan yang diberikan itu diharapkan siswa akan lebih terampil mekanik.

"Kita berharap, perusahaan lainnya juga bisa membantu pendidikan di Sumatera Selatan, karena masih banyak sekolah membutuhkan bantuan dana CSR itu terutama yang berada di perairan dan pedalaman," ujarnya.

Sementara Wakil SDM SMK Negeri 2 Palembang, Asrowi menambahkan, kalau di sekolah tersebut ada delapan jenis keahlian antara lain teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor, teknik pemesinan, teknik Instalasi pemanfaatan tenaga listrik dan teknik gambar bangunan.

Ia berharap, para siswa yang mengikuti pelatihan itu nantinya bisa lebih terampil mekanik.