Kamis, 24 Agustus 2017

Permintaan sepeda di Palembang meningkat

id penjualan sepeda, meningkat, masyarakat sepeda indonesia, masyarakat sepeda palembang, msi, kirab sepeda, kirab asian games, kirab
Permintaan sepeda di Palembang meningkat
Anggota DPRD Palembang Hidayat Komsu (tengah) didampingi Ketua MSI Ahmad Hartawan (kanan) dan pengurus lainnya memberikan keterangan Pers mengenai keberadaan organisasi/wadah berhimpun penggemar sepeda. (Foto Antarasusmel.com/17/Yudi Abdullah)
...Pertumbuhan komunitas penggemar sepeda mendorong pengurus klub sepeda di Palembang dan beberapa daerah Sumsel lainnya membentuk forum silaturahmi dengan nama Masyarakat Sepeda Indonesia (MSI)...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Penmintaan sepeda di sejumlah toko di kawasan Sekip dan pusat penjualan sepeda di pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan dalam beberapa bulan terakhir mengalami peningkatan.

Peningkatan permintaan tersebut didukung faktor adanya hari kawasan bebas kendaraan bermotor (car free day), banyaknya event sepeda gembira (fun bike) yang digelar oleh berbagai institusi, organisasi sosial kemasyarakatan akhir-akhir ini, kata sejumlah pedagang sepeda di Palembang, Minggu.

Salah seorang pedagang sepeda di kawasan Sekip Herman mengatakan penjualan sepeda berbagai merek dan jenis baik untuk anak-anak maupun dewasa dua bulan terakhir mengalami peningkatan.

Sepeda yang paling banyak diminati masyarakat terutama jenis sepeda gunung dan pixi yang bisa digunakan untuk perjalan jauh dan segala kondisi jalan, katanya.

Sementara pedagang lainnya Martinus mengatakan, pengunjung tokonya di kawasan pasar tradisional 16 Ilir akhir-akhir ini mengalami peningkatan seiring semakin banyaknya warga kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 ini menggemari olehraga sepeda.

Sekarang penggemar sepeda semakin banyak, kondisi ini terbukti dengan bermunculan komunitas dan klub sepeda dari berbagai kalangan.

Momentum ini merupakan peluang bisnis yang sangat baik dengan berupaya menyiapkan berbagai jenis sepeda yang diminati masyarakat.

Untuk mengatasi peningkatan permintaan sepeda, pihaknya terus menambah stok dan melakukan perakitan langsung di toko serta tempat lain seperti gudang dan rumah karyawan.

Mengenai harga jual, meskipun terjadi peningkatan permintaan, pihaknya tidak memanfaatkan momentum tersebut dengan mematok harga tinggi.

Harga jual sepeda seperti dalam kondisi biasa, sepeda gunung, pixi dan sepeda balap dijual dengan harga berkisar Rp850.000 hingga Rp3.750.000,- per unitnya sedangkan sepeda untuk anak-anak yang dilengkapi dengan bunyian sirine dan roda bantu dijual berkisar Rp375.000 hingga Rp1.000.000,- per unitnya, kata pedagang sepeda itu menambahkan.

Sementara sebelumnya penggemar sepeda di Palembang Ahmad Hartawan menjelaskan bahwa olahrga sepeda semakin digemari masyarakat dan mendorong tumbuhnya komunitas atau klub sepeda baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, pengusaha, karyawan/pegawai instansi pemerintah dan swasta.

Komunitas penggemar sepeda tidak hanya berkembang di Kota Palembang, tetapi juga di 16 kabupaten dan kota Sumatera Selatan lainnya, bahkan meluas pada kalangan TNI/Polri.

Pertumbuhan komunitas penggemar sepeda tersebut, mendorong dirinya bersama pengurus klub sepeda membentuk forum silaturahmi dengan nama Masyarakat Sepeda Indoensia (MSI).

Sejumlah pengurus Masyarakat Sepeda Indonesia di antaranya Pembina Komandan Korem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, anggota DPRD Palembang Hidayat Komsu, dan Ketua Umum Ahmad Hartawan.

Wakil Ketua Ismail, Dr Rudyanto, Ahmad Rudi Badaruddin, Sekkretaris Yudha Lesmana, Wakil Sekretaris Joko En Pirnawan, Bendahara Andi Syafarudin, Wakil Bendahara Suyoto Wiknyo, Koordinator Bidang Organisasi Asnawi.

Kemudian Koordinator Bidang Humas Yudi Abdullah, dan Koordinator Bidang Kegiatan Eko Setya Budi, dan didukung sejumlah seksi yang dapat menjalankan roda organisasi serta mendukung berbagai kegiatan olahraga, sosial, dan pelestarian lingkungan, kata Hartawan.

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga