Kamis, 21 September 2017

Atraksi panahan tandai pembukaan Pawai Budaya 2017

id panahan, pawai budaya, Festival Kesenian Pesisir Utara, Sidoarjo, Jawa Timur
Atraksi panahan tandai pembukaan Pawai Budaya 2017
Ilustrasi Panahan (Antarasumsel.com/Fenny Selli)
Sidoarjo (Antarasumsel.com) - Atraksi panahan menandai pembukaan pawai budaya Festival Kesenian Pesisir Utara 2017 yang berlangsung di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, di Sidoarjo, Minggu, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya dan cermin martabat bangsa dengan nilai tinggi dan luhur.

"Oleh karena itu, kegiatan seperti ini harus dipertahankan, dilestarikan, diwariskan, dan diteruskan pada generasi berikutnya untuk menjaga warisan luhur nilai budaya bangsa," katanya.

Ia mengemukakan seni budaya memiliki arti sebagai identitas bangsa, pemersatu bangsa, dan sudah sepatutnya menjadi kewajiban penerus bangsa untuk pertahankan seni budaya dari pengaruh kebudayaan negara asing.

"Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan berusaha untuk mewujudkan budaya masyarakat khas Jawa Timur sebagai bagian dari kegiatan pesta rakyat yang berlangsung pada Minggu," katanya.

Ia mengatakan kegiatan ini juga sebagai salah satu bagian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-158 Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

dan berharap kegiatan ini tidak monoton serta bisa menjadi paket wisata di Sidoarjo.

"Akan menjadi tugas bersama untuk mengemas pawai budaya ini menjadi semenarik mungkin sehingga, membutuhkan peran serta dari berbagai pihak termasuk masyarakat seniman dan generasi muda," katanya.

Dalam kesempatan ini dirinya menyatakan jika pesisir laut di Kabupaten Sidoarjo merupakan kekayaan hasil laut berupa perikanan yang membawa berkah bagi masyarakat pesisir di sekitarnya.

"Dalam kegiatan ini, para peserta bisa menikmati kuliner gratis khas Sidoarjo yang disediakan di akhir lokasi pawai budaya di GOR Sidoarjo. Ada berbagai makanan khas Sidoarjo seperti kupang Lontong, Lontong Cecek dan juga makanan khas Sidoarjo yang lainnya," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Festival Kesenian Pesisir Utara tahun 2017 Mustain mengatakan ada sebanyak 52 organisasi perangkat daerah dan juga 14 Kabupaten Kota yang turut ambil bagian dalam pawai budaya ini.

"Para peserta ini akan mengendarai kendaraan hias dan juga jalan kaki dengan menempuh jarak sekitar empat kilometer mulai dari Alun-Alun Sidoarjo sampai dengan GOR Sidoarjo sambil mengenalkan budaya masing-masing daerah. Khusus di Sidoarjo akan memperkenalkan budaya Candi Pari yang merupakan salah satu ikon yang ada di Sidoarjo," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga