Menpan-RB: ASN wajib ikuti pelatihan 20jam/tahun

id Menpan-RB, Asman Abrur, peningkatan kualitas aparatur, sipil negara, pelatihan,

Menpan-RB: ASN wajib ikuti pelatihan 20jam/tahun

Asman Abnur . (ANTARA /Agus Bebeng)

Bandung (Antarasumsel.com) - Menpan-RB Asman Abrur mengatakan saat ini pihaknya sedang merancang aturan tentang peningkatan kualitas aparatur sipil negara (ASN) salah satunya adalah setiap ASN wajib mengikuti pelatihan minimal 20 jam setiap tahunnya.

"Jadi kalau dalam (ibaratkan) mobil itu, masuk bengkel di 20 jam, jadi ada yang rusak-rusak diperbaiki di situ, kalau itu terjadi nanti apa yang dirasakan masyarakat sekarang seperti keluhan-keluhan bisa diperbaiki," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiMenpan-RB Asman Abrur di Kota Bandung, Senin.

Ditemui usai menghadiri dan membuka rapat koordinasi dengan OPD Pemprov Jabar di Aula BPSDM Jawa Barat, Asman menuturkan kedepannya setiap ASN harus memiliki keahlian atau keterampilan.

"Makanya ASN ke depan, saya bilang harus yang betul-betul punya keahlian keterampilan, kalau perlu dia lebih pintar dari rakyatnya, sehingga negara kita akan lebih maju lagi," ujar dia.

Selain itu, lanjut Asman, para ASN juga harus merubah pola pikirnya dari 'penguasa' menjadi 'pelayanan' bagi masyarakat.

"Masyarakat sekarang itu menuntut ASN yang melayani sehingga tidak ada lagi model birokrasi yang priayi. Mari kita ubah menjadi ASN yang berjiwa hospitality," kata dia.

Ia menuturkan kementerian yang dipimpin olehnya saat ini sudah menciptakan beberapa rule model nasional baik di bidang pelayanan publik ataupun di bidang tata kelola pemerintahan seperti provinsi yang punya akreditasi a maka diwajibkan membina provinsi lain sehingga menular ke daerah yang lain.

"Kemudian (daerah) pelayanan publik yang bagus, bukan hanya di daerahnya yang bagus tapi ditularkan ke daerah lain," kata dia.

Ia berharap dengan adanya rule model tersebut maka bisa mempercepat tujuan dari reformasi birokrasi. "Jadi jangan hanya judul terus 'reformasi birokrasi tapi reformasi birokrasi ini harus benar-benar dirasakan oleh masyarakat," kata dia.

"Saya yakin dengan sistem pendidikan yang teratur, seperti yang dilakukan BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Provinsi Jawa Barat ini nanti eselon I, II, III, secara regular kita latih di sini," lanjut Menpan RB.