Jumat, 24 Maret 2017

Kodam Sriwijaya siap sukseskan penyerapan gabah petani

id kodam, sriwijaya, gabah, bulog, petani, Dinas Pertanian, turunnya harga gabah, musim panen
Kodam Sriwijaya siap sukseskan penyerapan gabah petani
Lambang Kodam II/Sriwijaya. (Istimewa)
Palembang (Antarasumsel.com) - Jajaran Kodam II/Sriwijaya siap menyukseskan penyerapan gabah hasil petani di wilayah Sumatera Bagian Selatan supaya dapat meningkatkan ketahanan pangan.

Dalam menyukseskan penyerapan gabah tersebut Kodam bersama Dinas Pertanian, Perum Buolg dan instansi terkait lainnya melaksanakan sosialisasi di Markas Kodam II/Sriwijaya, Selasa.

Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Marga Taufiq atas nama Pangdam II/Sriwijaya Mayor Jenderal TNI Sudirman saat sosialisasi di Palembang mengatakan, penyerapan gabah petani oleh Bulog bertujuan untuk menanggulangi turunnya harga gabah pada tingkat petani saat musim panen.

Dengan adanya penyerapan itu sehingga hasil panen petani tidak jatuh ke tangan pedagang atau para tengkulak pasca panen, ujar dia.

Bahkan, lanjut dia, bila tidak dikawal maka dikhawatirkan bisa mempermainkan harga beras di tingkat konsumen sehingga sangat merugikan petani.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut tidak lain untuk mendukung program pemerintah guna mengoptimalkan gerakan swasembada pangan dengan menempatkan dan memberdayakan aparat Komando Kewilayahan khususnya Bintara Pembina Desa sebagai unsur penting dalam penyerapan gabah.

Sementara pengerahan Babinsa dalam penyerapan hasil produksi gabah dan beras petani oleh Bulog akan dikoordinasikan melalui Komando Kewilayahan beserta jajarannya dengan Kantor Divisi Regional/Sub Divisi Regional Perum Bulog yang ada di seluruh wilayah Kodam II/Sriwijaya.

Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan Bulog mampu mencapai target yang telah ditentukan dan kesejahteraan petani semakin meningkat, ujar dia.

Hal ini sangat penting karena ketersediaan dan kecukupan pangan bagi masyarakat secara langsung akan berdampak pada stabilitas nasional suatu bangsa, tambah dia.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga