Jumat, 18 Agustus 2017

Kawasan resapan air akan ditanami bakau

id bakau, resapan air, penanaman bibit bakau, Bangka Barat, Bangka Belitung, kualitas lingkungan sungai
Kawasan resapan air akan ditanami bakau
Ilustrasi penanaman bibit bakau. (ANTARA)
Pangkalpinang (Antarasumsel.com) - PT Timah (Persero) Tbk akan melakukan penanaman bibit bakau dan pelawan di kawasan resapan air di Muntok Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan kualitas lingkungan sungai di daerah itu.

"Dalam waktu dekat ini kita bersama masyarakat di Kecamatan Muntok akan melakukan penanaman pohon di beberapa titik kawasan resapan air," kata Kepala Bidang Humas PT Timah (Persero) Tbk Renny Hutagalung di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan penanaman pohon di kawasan resapan air ini merupakan salah satu program CSR PT Timah untuk melindungi sumber daya air, sekaligus mengantisipasi berbagai bencana alam seperti kekeringan, banjir dan lainnya.

"Kami telah mempersiapkan bibit bakau 800 batang dan pelawan 500 batang," katanya.

Menurut dia penanaman pohon di kawasan resapan air seperti sungai, rawa-rawa dan lainnya sangat penting, guna menjaga kelestarian alam dan lingkungan masyarakat yang sehat dan bersih.

Tidak hanya itu, penanaman pohon di sepanjang kawasan sungai ini juga dapat mencegah erosi, pendangkalan dan lainnya sebagai pemicu banjir disaat musim hujan.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kawasan resapan air khususnya sungai semakin hijau dan air tidak lagi mudah meluap ke pemukiman warga di daerah itu," ujarnya.

Ia berharap masyarakat ikut menjaga kelestarian lingkungan sungai, agar selama musim hujan tiba tidak lagi terkena banjir dan kekeringan selama musim kemarau.

"Kami berharap warga tidak lagi menambang timah dan menebang pohon di kawasan sungai, agar lingkungan resapan air itu tetap hijau, asri dan bermanfaat bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya," ujarnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga