Hama kumbang serang tanaman kelapa di Sangihe

id hama, kumbang, serang tanaman, Sangihe, Sulawesi Utara, pohon kelapa, tanaman kelapa

Hama kumbang serang tanaman kelapa di Sangihe

Ilustrasi Pohon kelapa (Antarasumsel.com/Awi)

Sangihe (Antarasumsel.com) - Balai Penyuluhan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, menerima laporan adanya serangan hama kumbang terhadap tanaman kelapa di beberapa kecamatan di kabupaten itu.

"Ada beberapa petani kelapa di beberapa kecamatan melaporkan serangan hama terhadap tanaman kelapa," kata Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe Ratnawati Eda di Tahuna, Rabu.

Menurut dia, hama kumbang jenis oritek (Oryctes Rhinoceros) menyerang tanaman kelapa yang berada di Kecamatan Tabukan Utara dan Tabukan Tengah serta Tahuna.

Dia mengatakan petani kelapa mengaku sangat rugi akibat serangan hama kumbang yang berdampak pada berkurangnya produksi kelapa.

Dinas pertanian, kata dia, sudah berkoordinasi dengan tim dari Provinsi Sulawesi Utara untuk menangani hama kelapa tersebut.

"Tim dari provinsi bersama Dinas Pertanian Sangihe segera melakukan pembasmian hama di tiga wilayah tersebut," kata dia.

Menurut dia, selain tiga kecamatan tersebut, tim juga akan melakukan pemantauan ke sejumlah wilayah agar serangan hama tidak meluas ke tempat lainnya.

"Kami tetap melakukan pemantauan agar hama ini tidak menyebar ke wilayah kecamatan lainnya," kata dia.

Dia juga berharap para petani segera memberikan informasi kepada Dinas Pertanian tentang serangan hama pada tanaman lainnya.

"Kami berharap peran serta masyarakat untuk segera melaporkan ke Dinas Pertanian apabila tanaman diserang oleh hama dan sulit dibasmi," kata dia.