Jumat, 18 Agustus 2017

Menteri BUMN apresiasi capaian penghematan Pertamina

id Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina, BUMN, inovasi Pertamina, Kementerian BUMN, Rumah Kreatif BUMN, kualitas pengusaha, mikr
Menteri BUMN apresiasi capaian penghematan Pertamina
Rini Soemarno (ANTARA)
Jakarta (Antarasumsel.com) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengapresiasi capaian penghematan yang telah dilakukan PT Pertamina (Persero) dari program-program inovasi.

"Saya sangat bangga dengan Pertamina terutama pada 2016, Pertamina bisa menghasilkan saving sebesar Rp26 triliun dan keuntungan sangat besar," kata Menteri BUMN Rini Soemarno, dalam acara penghargaan capaian inovasi Pertamina (APQ), di Jakarta, Rabu.

Rini menaruh harapan besar dengan Pertamina, karena Pertamina adalah perusahaan yang bisa berbicara banyak dalam bisnis dunia melalui Indonesia.

"Itu mimpi saya. Jadi harus kerja keras bersama dari semua pihak di Pertamina, dan tentunya di seluruh BUMN. Kementerian BUMN harus mendukung sepenuhnya bagaimana Pertamina bisa mencapai tingkat dunia," katanya lagi.

Sebelumnya, PT Pertamina telah berhasil menciptakan nilai sebesar Rp26 triliun dari pembudidayaan inovasi dan perbaikan berkelanjutan yang mampu meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif Pertamina.

"Terbukti dengan penciptaan nilai sebesar Rp26 triliun dari hasil inovasi tahun 2016, Pertamina mengalami peningkatan pendapatan 155 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Direktur SDM, TI dan Umum Pertamina Dwi Wahyu Daryoto melalui keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (13/3).

Menurutnya, angka tersebut melonjak karena pada tahun ini dihitung juga penambahan penerimaan (additional revenue) dari Continuous Improvement Program (CIP) tidak hanya dari penghematan biaya.

"Di tengah bisnis migas yang belum stabil, pekerja Pertamina terus menghasilkan penciptaan nilai yang signifikan bagi perusahaan, melalui berbagai inovasi dan perbaikan berkelanjutan yang dihasilkan serta diterapkan dalam kegiatan bisnis sehari-hari," katanya lagi.

Annual Pertamina Quality (APQ) Awards 2017, yakni wadah apresiasi atau penghargaan bagi kegiatan perbaikan kualitas kerja melalui inovasi yang berkelanjutan di seluruh lini bisnis dan anak perusahaan. Tahun ini APQ Awards memasuki tahun ke-7 dengan mengusung tema "Insan Mutu Mendunia Mendukung Pencapaian Sasaran Strategis Pertamina".

Sebanyak 2.661 inovasi yang terdaftar siap beradu dalam acara tahunan ini, atau meningkat 14 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 2.330.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga