Jumat, 22 September 2017

KAI sediakan tiket lebaran mulai 17 Maret

id tiket, pt kai
KAI sediakan tiket lebaran mulai 17 Maret
Petugas loket tiketting kereta api di Stasiun Kertapati Palembang (ANTARA/Feny Selly/17)
Palembang (Antarasumsel.com) - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Sumatera Selatan menyediakan tiket lebaran bagi warga yang sudah merencanakan untuk berlebaran di kampung halaman menggunakan jasa kereta api dapat dipesan mulai 17 Maret 2017.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Divisi Regional III Sumsel, Aida Suryanti di Palembang, Rabu mengatkaan, bagi warga yang ingin bepergian menggunakan jasa kereta api pulang berlebaran bersama keluarga di kampung halaman, sudah bisa memesan mulai 17 Maret ini.

Ia menjelaskan, perayaan Idul Fitri tahun ini jatuh pada 25-26 Juni, tentunya akan banyak warga perantau yang akan merayakannya bersama keluarga di kampung halaman masing-masing, sehingga diyakini semua moda transfortasi termasuk kereta api akan ramai.

"Jadi jika tidak ingin kesulitan mendapatkan fasilitas angkutan khususnya kereta api, lebih baik memesan dan membeli tiket sejak jauh hari," katanya.

Menurut dia, sistem pemesanan tiket sudah dapat dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan, hal tersebut diterapkan PT KAI tujuannya memberi kemudahan bagi masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh hari sebelum keberangkatan.

"Penjualan tiket dapat dilayani di channel internal (website tiket.kereta-api.co.id, contact center 121, aplikasi KAI Access, loket stasiun) maupun channel eksternal melalui agen, loket multi biller, minimarket yang telah bekerja sama dengan perusahaan, termasuk penjualan pada situs dan aplikasi smartphone dikelola mitra," kata Aida.

Tahun ini, PT KAI menetapkan masa angkutan lebaran 2017 selama 22 hari, yakni mulai 15 Juni 2017 (H-10) sampai dengan 6 Juli 2017 (H+10).

Ia memperkirakan, arus mudik akan mengalami puncaknya pada Kamis, 22 Juni 2017 (H-3) dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu, 1 Juli 2016 (H+6).

Selain itu menghadapi masa angkutan lebaran 2017, PT KAI telah bersiap melayani penumpang dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang dimiliki, mulai dari sarana, prasarana, dan SDM pendukung.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, titik berat pelaksanaan angkutan lebaran tahun ini terletak pada faktor keselamatan, keamanan, dan kelancaran perjalanan KA," katanya. Menurut Aida, PT KAI Divre III dalam masa angkutan lebaran 2017 menyediakan 59. 444 tempat duduk, atau 2.702 tempat duduk perharinya dengan relasi Kertapati-Tanjungkarang dan Kertapati-Lubuklinggau untuk semua kelas.

Selain itu, PT KAI kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa per 31 Maret 2017, untuk meningkatkan pelayanan serta memberikan kenyamanan kepada penumpang KA terutama ibu hamil memberlakukan ketentuan khusus.

Calon penumpang yang hamil diperbolehkan naik KA jarak jauh di usia kehamilan 14 sampai dengan 28 minggu, dan di luar periode kehamilan tersebut wajib melampirkan surat keterangan dari dokter kandungan atau bidan menyatakan usia kehamilan pada saat pemeriksaan kandungan ibu dalam keadaan sehat, dan tidak ada kelainan kandungan.

Sementara, ibu hamil yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan KA juga wajib didampingi oleh minimal satu orang pendamping, katanya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga