Jumat, 20 Oktober 2017

Sumsel akan wujudkan daerah bebas sampah

id sampah, pengelolaan sampah
Sumsel akan wujudkan daerah bebas sampah
TPA Sukawinatan Palembang (Antarasumsel.com/17/Feny Selly)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan mewujudkan daerah bebas sampah bagian kegiatan penataan kota, terutama menjelang penyelenggaraan Asian Games 2018.

Wagub Sumsel Ishak Mekki saat rapat koordinasi nasional pengelolaan sampah di Palembang Rabu mengatakan daerah bebas dari sampah itu penting terutama untuk penataan kota.

Penataan itu sekaligus mendukung program pemerintah pusat bebas sampah pada 2020, sehingga harus didukung bersama, ujar dia.

Dia mengatakan pihaknya juga telah melaksanakan apel menghadapi hari sampah.

Bukan itu saja, Pemerintah Provinsi Sumsel saat ini terus melakukan pembangunan di berbagai bidang, salah satunya bidang lingkungan hidup termasuk juga dalam pengelolaan sampah.

Selain itu juga sudah dilakukan kerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel terkait penyediaan tempat pembuangan akhir sampah, ujar dia.

Kesemuanya itu untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah sampah di wilayah Palembang yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018, kata dia.

Wagub minta agar masyarakat tidak langsung membuang sampah, melainkan memilah dan mendaur ulang sehingga bisa bernilai supaya target Indonesia bebas sampah bisa tercapai khususnya di wilayah Sumatera Selatan.

Namun yang lebih penting lagi dengan daerah bebas sampah maka kebersihan dan kesehatan akan terwujud, tambah dia.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga