Tim Akrobatik Jupiter bermanuver di langit Palembang

id manuver, pesawat udara

Tim Akrobatik Jupiter bermanuver di langit Palembang

Pesawat Jupiter bermanuver di langit Palembang (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (Antarasumsel.com) - Tim Akrobatik Jupiter atau Jupiter Acrobatic Team berkeliling dan melakukan manuver di langit Kota Palembang Sumatera Selatan, Rabu.

"Tadi kami sempat main di kota melakukan fly pass di tiga titik semacam permisi kalau sekarang kami hadir di kota pempek," kata Danlanud Adi Sucipto, Marsekal Utama Pnb Novian Samyoga yang turut serta dalam aksi Jupiter Acrobatic Team (JAT) tersebut.

Ketiga titik yang dihampiri enam unit pesawat JAT antara lain di kawasan ikonik seperti Jakabaring, Jembatan Ampera, dan Pabrik PT Pusri.

"Kami lakukan manuver ada sekitar lima hingga sepuluh menit," katanya.

Dijelaskannya, kedatangan JAT dan kru ke Palembang ini sebagai bentuk dukungan Angkatan Udara pada Pangkalan Udara Sri Mulyono Herlambang yang baru berganti dari tipe C menjadi tipe B.

"Sudah jadi niatan kami untuk hadir di kota pempek ini," ungkapnya lagi.

Tidak hanya itu saja, tim dan kru JAT yang berangkat dari Adisucipto Yogyakarta singgah di Bandara Halim Perdanakusuma kemudian menuju Lanud SMH Palembang ini juga datang dalam rangka menjelang perjalanan ke Langkawi Internasional Maritime and Aerospace (LIMA) di Malaysia, 21-25 Maret mendatang.

"Ini semacam acara dua tahunan rutin yang diikuti sejumlah negara dan kami turut serta tidak hanya membawa nama TNI, tetapi juga nama bangsa," ungkap Novian.

Airshow tersebut rencananya akan diikuti banyak negara seperti Rusia, Korea, Malaysia, dan sejumlah negara lainnya, TNI AU akan berpartisipasi di dalamnya sebagai duta bangsa.

Menghadapi Airshow tersebut enam anggota Jupiter Acrobatic Team berada dalam kondisiyang prima untuk tampil.

"Sejauh ini tidak ada persiapan khusus tapi latihan sudah dilakukan sejak enam bulan lalu," jelas leader JAT, Letkol Pnb HM Kisha.

Member JAT saat ini, menurutnya mengalami pergantian sejak dua bulan lalu dengan hadirnya dua member baru.

"Dengan formasi member baru ini kami akan menampilkan total 18 manuver akrobatik," kata Danskadik 102 ini.

Dari ke 18 show tersebut 13 diantaranya disiapkan untuk high show dan lima low show.

"Ada sejumlah manuver menarik seperti formasi hard dan formasi Squarell," katanya.

Dengan penampilan memukau di internasional airshow beberapa waktu lalu, ia yakin tim JAT dapat kembali tampil dan membanggakan bangsa pada kesempatan kali ini.