Jumat, 23 Juni 2017

Agam bentuk tim terpadu penyelamatan Danau Maninjau

id Danau Maninjau, danau, Agam, Sumatera Barat, Tim Terpadu Penyelamatan, danau vulkanik, pencemaran limbah, sisa pakan ikan
Agam bentuk tim terpadu penyelamatan Danau Maninjau
Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumbar. (ANTARA SUMBAR/Arif Pribadi/Ag)
Lubuk Basung (Antarasumsel.com) - Kabupaten Agam, Sumatera Barat membentuk Tim Terpadu Penyelamatan Danau Maninjau dalam menyelamatkan danau vulkanik itu dari pencemaran limbah sisa pakan ikan.

"Tim ini bentuk perhatian khusus yang kami berikan dalam menyelamatkan danau demi masa depan masyarakat di Danau Maninjau," kata kata Bupati Agam, Indra Catri saat melantik tim tersebut di Lubuk Basung, Rabu.

Pengurus Tim Terpadu Penyelamatan Danau Maninjau ini berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD), wali nagari dan lainnya.

Masing-masing OPD, katanya, memiliki peran sesuai dengan bidang masing-masing dalam menyelamatkan danau dari pencemaran.

"Ini merupakan tugas tambahan dari OPD dalam menyelamatkan aset bangsa dan berharap berjalan dengan baik, agar danau kembali bersih dari pakan ikan," tegasnya.

Dalam menyelamatkan danau ini, katanya harus mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal, sehingga program yang telah dirancang berjalan dengan baik.

Sebelumnya, Pemkab Agam juga telah membentuk program Gerakan Pembangunan dan Penyelamatan Salingka Danau Maninjau (Gerbang Pensi) dan forum selingka nagari untuk membersihkan Danau Maninjau.

Namun pengelolaan Gerbang Pensi dan forum selingka nagari cukup lemah, maka program tersebut tidak berjalan dengan baik.

"Kami berharap pengelolaan tim ini harus dikemas sebaik mungkin dan kegiatan harus dilaporkan dua kali setiap bulannya," katanya.

Ketua DPRD Agam Marga Indra Putra mengatakan mengucapkan selamat kepada pengurus Tim Terpadu Penyelamatan Danau Maninjau yang telah dilantik.

Pihaknya optimistis tim bisa bekerja dengan baik dalam menyelamatkan Danau Maninjau dari pencematan, karena kepengurusannya diisi oleh generasi muda yang enerjik.

"Saya yakin dengan kekuatan muda ini, maka program berjalan dengan baik sehingga danau bisa diselamatkan," katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga