Minggu, 23 April 2017

Pelajar Lampung magang di Jepang

id pelajar, magang, smk, magang ke Jepang, Heri Suliyanto, sekolah kejuruan
Pelajar Lampung magang di Jepang
Ilustrasi. (Antarasumsel.com/17/Aziz Munajar/I016)
Bandarlampung (Antarasumsel.com) - Sejumlah pelajar sekolah tingkat menengah atas dan kejuruan di Provinsi Lampung segera mengikuti program magang ke Jepang.

"Provinsi Lampung berkomitmen meningkatkan dan mengembangkan keterampilan pelajar Lampung melalui program magang di Negeri Sakura, Jepang," kata Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setprov Lampung, Heri Suliyanto, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan kompetensi dan memperluas wawasan pelajar di daerah ini, Pemerintah Provinsi Lampung bekerja sama dengan pemerintah pusat dan pemangku kepentingan terkait akan menyelenggarakan program magang tersebut.

Program magang ke Jepang tersebut, lanjutnya, khusus untuk pelajar SMA/SMK di Provinsi Lampung.

"Program pemagangan ini telah dibicarakan langsung oleh Presiden Direktur IM Japan  Mr. Yanagisawa dengan Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri pada awal Februari lalu," jelasnya.

Karena itu, ia mengharapkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Lampung dapat berkoordinasi dalam mempersiapkan pelaksanaan program magang ke Jepang tersebut mulai dari membantu pembiayaan dalam proses perekrutan sampai dengan pemberangkatan peserta magang Jepang ke Jakarta.

Pihaknya sangat menyadari arti penting magang bagi para pelajar di Provinsi Lampung. Apalagi saat ini telah memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana persaingan menjadi lebih ketat.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelajar untuk menambah wawasan sebanyak-banyak dan kemudian diterapkan di Tanah Air.

"Pemerintah Provinsi Lampung menyadari begitu besar manfaat yang diperoleh dari adanya program magang Jepang yaitu menambah pengetahuan dan keterampilan teknik di perusahaan, dan diharapkan  ketika kembali ke Tanah Air dapat membantu membangun industri di Indonesia dan merubah sikap dan etos kerja agar lebih produktif," tambahnya.

Direktur Pemagangan Kementerian Ketenagakerjaan yang diwakili oleh M Saleh menyampaikan bahwa sesuai tugas pokok dan fungsi Kementerian Tenaga Kerja, pemagangan adalah bagian dari pelatihan kerja untuk memperoleh keterampilan dan kompetisi sebagai modal dalam membangun karir di dunia kerja atau dunia usaha.

"Program pemagangan ini dibuka karena tingginya animo masyarakat terhadap pentingnya pemagangan dalam membangun karir di dunia kerja nantinya, bahkan program pemagangan ini juga telah dilakukan provinsi lainnya di Indonesia," ujarnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Lampung Yusuf Kohar menghimbau kepada kepala sekolah SMA/SMK agar mempersiapkan siswa/siswa untuk lebih mempelajari dan memperdalam bahasa Jepang sebagai syarat utama dapat mengikuti seleksi magang.

"Sehingga pelajar kita memiliki modal dasar ketika melakukan pemagangan di Jepang," ujar Yusuf Kohar yang juga Wakil Wali Kota Bandarlampung itu.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga