Bangunan benteng peninggalan Inggris terancam masuk sungai

id benteng Fort Van Anna, peninggalan Inggris, Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, terancam, rusak, Erwin
Bangunan benteng peninggalan Inggris terancam masuk sungai
Benteng Marlborough masa peninggalan penjajahan Inggris di Kota Bengkulu . (ANTARA)
Mukomuko (Antarasumsel.com) - Bangunan benteng "Fort Van Anna" peninggalan Inggris yang berada sepanjang pinggir Sungai Selagan di Kelurahan Koto Jaya, Kabupaten Mukomuko, terancam masuk sungai tersebut.  
"Benteng Anna sebentar lagi masuk sungai. Jarak bangunan benteng dengan sungai sekitar setengah meter lagi," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mukomuko Erwin di Mukomuko, Rabu.

Ia memperkirakan, sisa bangunan benteng peninggalan Inggris di Pantai Indah Mukomuko tersebut hanya mampu bertahan paling lama satu bulan, setelah itu bangunan tersebut masuk sungai.

Ia menyebutkan sisa bangunan benteng yang terancam masuk sungai itu adalah tiang besar yang berada paling belakang lahan benteng.

"Setelah itu disusul dengan sisa bangunan lainnya," ujarnya.

Ia menyebutkan pinggir Sungai Selagan sudah lama tergerus abrasi dan semakin parah saat banjir yang melanda daerah itu tiga pekan yang lalu.

Pihaknya telah mengusulkan penanganan darurat abrasi Sungai Selagan yang terus mengikis daratan dan mengancam situs sejarah benteng Anna peninggalan Inggris dan pemukiman penduduk ke BNPB.

Ia mengusulkan penanganan darurat menggunakan bronjong dengan panjang sekitar 1 kilometer .

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga