Jumat, 24 Maret 2017

Warga Peninjauan rasakan manfaat pembangunan jalan setapak

id jalan, pembangunan jalan setapak
Warga Peninjauan rasakan manfaat pembangunan jalan setapak
Pembangunan jalan setapak di Desa Peninjauan (Antarasumsel.com/Edo/17)
Baturaja (Antarasumsel.com) - Sejumlah warga Desa Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyatakan merasakan manfaat pembangunan jalan setapak di desanya, karena tidak sulit lagi mengangkut hasil kebun untuk dijual ke pasar.

"Pembangunan jalan setapak khususnya akses menuju ke kebun karet milik warga sangat membantu kami mengangkut hasil perkebunan," kata Trinur Cahyo petani karet warga Desa Peninjauan Kecamatan Peninjauan, Ogan Kimering Ulu (OKU) di Baturaja, Kamis.

Dikatakannya, sebelumnya warga kesulitan mengangkut hasil kebun yang biasanya menggunakan sepeda motor, karena jalan licin dan berlumpur terlebih saat musim penghujan.

"Masih banyak peningkatan pembangunan jalan setapak di desa kami sehingga mempermudah rutinitas masyarakat seperti anak-anak ke sekolah dan bekerja," ujar Muharumin warga Desa Peninjauan lainnya menambahkan.

Selain itu, kata Muharumin, program pemerintah lainnya turut dirasakan masyarakat setempat yakni pembangunan sumur memenuhi kebutuhan fasilitas air bersih, sehingga warga tidak perlu lagi menempuh jarak cukup jauh ke sungai untuk mandi dan lainnya.

Kepala Desa Peninjauan, Novi Taruna saat dikonfirmasi secara terpisah mengungkapkan peningkatan pembangunan di wilayah itu merupakan program pemerintah pusat melalui dana desa dengan membangun infrastruktur jalan setapak, yakni sebanyak delapan titik agar roda perekonomian masyarakat  setempat yang mayoritas petani karet tersebut lebih berkembang pesat.

Pembangunan tahun lalu yang dilakukan fokus pada infrastruktur jalan setapak, yaitu membangun delapan titik jalan di desa dengan cor beton dan dua titik sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga.

"Tahun sebelumnya kami juga meningkatkan pembangunan Puskesmas sebagai sarana berobat masyarakat agar lebih lengkap dan nyaman lagi dari sebelumnya," jelasnya.

Menurut dia, peningkatan pembangunan dan sarana prasarana yang diraih merupakan peran serta masyarakat di wilayah itu yang mendukung program direncanakan serta turut membantu merealisasikannya.

"Untuk pembangunan tahun ini kami masih fokus pada peningkatan infrastruktur jalan-jalan desa yang masih belum tersentuh perbaikan," katanya.

Editor: M. Suparni

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga