Selasa, 22 Agustus 2017

Pasokan ikan Palembang dari daerah terdekat

id ikan, pemasok, pasar ikan, banyuasin
Pasokan ikan Palembang dari daerah terdekat
Ilustrasi - ikan (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pasokan ikan ke Pasar Induk Jakabaring Palembang dalam beberapa bulan terakhir cukup lancar, karena pasokan dari berbagai daerah di Sumatera Selatan seperti daerah terdekat Banyuasin tidak mengalami hambatan.

Menurut pedagang ikan di Palembang, Jumat, pasokan ikan tidak masalah, jumlah ikan yang masuk dari berbagai sumber dan daerah setiap hari stabil berkisar 12-15 ton berbagai jenis ikan laut dan air tawar.

"Pasokan ikan dari luar Kota Palembang berjalan normal, selain Banyuaisn cukup banyak juga didatangkan dari Kabupaten Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ilir," ujar pedagang.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, selama ini tidak ada masalah pasokan ikan karena cukup banyak sumber dari dalam wilayah Sumsel.

Jika ada tanda-tanda penurunan pasokan ikan dari lokal, pedagang mengupayakan sumber pasokan baru agar kebutuhan masyarakat dapat terus dipenuhi dengan baik, katanya lagi.

Sementara sebelumnya Kepala Dinas Perikanan Banyuasin Kosarudin menjelaskan bahwa pasokan ikan dari daerahnya untuk memenuhi kebutuhan warga Palembang setiap harinya bisa mencapai lima ton.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di luar Kabupaten Banyuasin, pihaknya berupaya melakukan pembinaan kepada masyarakat meningkatkan produksi ikan melalui kegiatan budidaya.

Sekarang ini di setiap kecamatan sudah ada binaan budidaya ikan patin, kondisi ini akan terus dikembangkan dengan melakukan budidaya ikan jenis lainnya sehingga bisa lebih bervariasi ikan yang dipasok ke Ibukota Provinsi Sumsel itu, kata dia pula.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga