Selasa, 28 Maret 2017

KAI Sumut masih tunggu kereta api klinik

id kai, kereta api, Manajemen, kereta klinik, kesehatan, Kereta kesehatan
KAI Sumut masih tunggu kereta api klinik
Ilustrasi Kereta Api. (Antarasumsel.com/Humas PT KAI/Parni)
Medan (Antarasumsel.com) - Manajemen Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara masih menunggu  kereta klinik atau kesehatan yang menurut rencana dioperasikan Maret 2017.

"Sesuai rencana 'kereta klinik' itu dioperasikan Maret ini. Semoga tidak ada perubahan dan manajemen sedang menunggu instruksi dari unit kesehatan KAI," kata Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut, Ilud Siregar di Medan, Minggu.

Kereta kesehatan yang terdiri atas dua kereta itu masih akan dikirim  dari Balai Yasa Yogyakarta.

Menurut dia, operasional kereta klinik bertujuan memberi kemudahan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

Kereta api yang dilengkapi ruang pengobatan hingga apotek itu ditujukan untuk bisa  dimanfaatkan masyarakat umum  di daerah secara gratis.

Layanan kereta kesehatan itu akan berkoordinasi dengan unit kesehatan PT KAI Divre I Sumut.

Kereta kesehatan itu nantinya akan dioperasikan ke daerah-daerah yang jauh dari fasilitas kesehatan umum, namun  dapat terjangkau kereta api di bawah operasional Divre 1 Sumut.

Pelayananan di kereta klinik itu mulai dari pemeriksaan kesehatan umum seperti poliklinik yang terdiri atas poli gigi, poli mata, layanan kebidanan, farmasi, dan laboratorium klinik skala kecil.  
Operasional kereta klinik itu merupakam bentuk komitmen KAI dalam keikutsertaan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat .

"Kalau kereta klinik dioperasikan di Sumut  maka  akan menjadi daerah ketiga memiliki fasilitas itu setelah Jawa dan Palembang, Sumatera Selatan," ujar Ilud.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga